Sukses

Quraish Shihab: Harta Adalah Ujian Bagi Kita untuk Bersyukur atau Tidak

Harta hanyalah milik Allah. Kepada manusia harta itu hanya dititipkan untuk digunakan sesuai tuntunan Allah.

Liputan6.com, Jakarta -  Apakah harta? Banyak pandangan seseorang terhadap harta berbeda-beda. Pandangan itu misalnya datang dari para ulama. 

Menurut cendikiawan muslim Quraish Shihab, ulama menyebut harta adalah sesuatu yang bersifat material, dikuasai dan dapat dimanfaatkan.

Namun, sebenarnya ada prinsip-prinsip dasar menurut ajaran Islam menyangkut harta. Pertama, harta hanyalah milik Allah. Kepada manusia harta itu hanya dititipkan untuk digunakan sesuai tuntunan Allah. 

Prinsip dasar kedua tentang harta, menurut Quraish Shihab adalah, ujian. 

"Jangan kita mengira, seseorang yang diberi harta, bukti kecintan Tuhan kepadanya. Bisa jadi anugerah tersebut adalah ujian untuk kita, apakah kita bersyukur atau tidak," ungkap mantan Menteri Agama ini.  

Ketiga, harta sumber kehidupan manusia, karena itu harus dikelola dengan baik. 

"Jangan menimbun harta. Atas dasar itu pula Allah melarang pemborosan dalam segala hal walau diduga itu menyangkut kebaikan," ucap Quraish Shihab. 

Harta juga diniai Tuhan sebagai sesuatu yang baik. Itu sebabnya manusia diperintahkan untuk bekerja bersunggug-sungguh meraih harta agar kemudian disalurkan dan digunakan dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.