Sukses

Manfaat Mengkonsumsi Kurma Setiap Hari di Bulan Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Selama bulan puasa, kurma jadi camilan paling populer. Sejak berbuka hingga waktu imsak, kurma menjadi sajian di meja makan dan ruang keluarga. Mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW, banyak keluarga yang berbuka dengan menyantap tiga butir kurma terlebih dahulu. Tradisi ini terjadi di semua warga muslim di berbagai negara, termasuk di Indonesia

Siapa yang tak tahu kurma? Camilan yang sangat populer selama bulan puasa ini menjadi teman setia sejak datang Magrib hingga datang waktu imsak, waktu untuk berhenti makan minum di malam hari sekaligus menandai waktu memulai berpuasa.

Kurma sangat manis dan menyehatkan. Dikutip dari Times Indonesia, di bawah ini beberapa manfaat kurma yang perlu kamu tahu:

1. Meningkatkan kesehatan otak

Menyantap kurma setiap dari dapat mencegah otak dari stres oksidatif dan peradangan otak karena tingginya serat, fenolik, dan antioksidan alami, seperti asam proton. Zat polifenol dalam kurma juga bermanfaat mencegah alzheimer dan demensia.

2. Mencegah sembelit

Tingginya kadar serat dalam kurma dapat mencegah sembelit. Kurma dapat meningkatkan sistem pencernaan yang dapat mencegah sembelit.

3. Menyembuhkan gastritis

Serat yang larut dan tidak larut dalam kurma dapat menyembuhkan penyakit lambung, seperti gastritis. Kurma mengandung asam amino esensial yang bisa merangsang penyerapan makanan.

4. Mencegah anemia

Kurma bisa mencegah anemia. Ada beberapa jenis zinc dalam kurma yang bisa mencegah gejala anemia.

5. Mencegah penyakit jantung

Kurma terbukti efektif mencegah penyakit jantung. Ini telah dibuktikan dalam penelitian dan hasilnya telah diterbitkan dalam jurnal internasional.

Hasil penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi kurma dapat menjadi cara yang efektif untuk menurunkan kadar trigliserida dan stres oksidatif yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Itulah manfaat kurma. Anda dapat mulai mengkonsumsi buah manis ini tidak hanya selama bulan Ramadhan, tetapi Anda dapat memakannya secara teratur sebagai makanan favorit untuk menjaga kesehatan Anda.

2 dari 2 halaman

Saksikan video berikut di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Tips Atasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik, Tubuh Tetap Bugar
Artikel Selanjutnya
Presiden Jokowi Ucapkan Belasungkawa untuk Keluarga Ustaz Arifin Ilham