Sukses

Lakukan Tiga Amalan Ini agar Tidur Dijaga Malaikat

Liputan6.com, Jakarta Malam adalah waktu yang istimewa. Allah SWT menciptakan malam hari sebagai waktu untuk beristirahat bagi semua makhluk-Nya. Lewat tidur malam, manusia melepas lelah dan penatnya setelah beraktivitas seharian.Namun begitu, bukan berarti ketika tidur kita bebas dari gangguan setan. Setan tetap akan menganggu manusia meskipun sedang tidur agar melakukan dosa. Kadang-kadang gangguan itu hadir dalam bentuk mimpi. Itulah sebabnya dianjurkan berdoa sebelum tidur. Agar Allah melindungi dan malaikat menjaga kita dari gangguan setan saat tidur.

Dikutip dari Dream, ada tiga cara lain agar tidur kita dijaga oleh malaikat.

Pertama, berwudu untuk menyucikan diri sebelum tidur. Malaikat senang mendampingi orang yang tubuhnya bersih dari najis.

Dasarnya adalah hadis Rasulullah Muhammad SAW yang diriwayatkan Ibnu Hibban.

"Barangsiapa tidur dalam kondisi suci maka di atas kepalanya terdapat malaikat. Tidaklah ia bangun, kecuali malaikat akan berdoa untuknya, 'Ya Allah ampunilah hamba-Mu ini si fulan sungguh ia semalaman dalam keadaan suci'."

 

2 dari 4 halaman

Amalan sebelum tidur: baca Ayat Kursi

Kedua, membaca Ayat Kursi. Dengan membaca Ayat Kursi, Allah dan malaikat akan menjaga tidur kita hingga masuknya waktu Subuh.

Dalam hadis riwayat Imam Bukhari, Abu Hurairah RA berkata," Rasulullah SAW menugaskanku menjaga zakat Ramadan, kemudian datanglah seseorang yang mencuri makanan, maka aku memegangnya dan aku berkata, 'Saya akan laporkan engkau kepada Rasulullah.'"

"Sebagaimana diceritakan dalam hadis, maka orang tersebut berkata, 'Jika engkau hendak tidur di tempat tidurmu maka bacalah Ayat Kursi, maka penjagaan Allah senantiasa menyertaimu dan setan tidak dapat mendekatimu sampai waktu Subuh.'"

"Kemudian Rasulullah SAW bersabda, 'Dia berkata benar kepadamu, walaupun dia seorang pembohong, dia adalah setan'".

 

3 dari 4 halaman

Amalan sebelum tidur: berdoa

Sedangkan amalan yang ketiga, yaitu membaca doa sebelum tidur agar Allah selalu menjaga kita. Itulah mengapa para orangtua selalu mengajarkan doa sebelum tidur kepada anak-anak mereka sejak kecil.

Suatu ketika sahabat Al-Bara’ bin ‘Azib –radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Bersabda kepadaku Rasulullah sallallahu ’alaihi wa sallam:

قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وَضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الْأَيْمَنِ وَقُلْ اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ رَهْبَةً وَرَغْبَةً إِلَيْكَ لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ فَإِنْ مُتَّ مُتَّ عَلَى الْفِطْرَةِ فَاجْعَلْهُنَّ آخِرَ مَا تَقُولُ فَقُلْتُ أَسْتَذْكِرُهُنَّ وَبِرَسُولِكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

قَالَ لَا وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ (البخاري)

“Apabila kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudulah seperti kamu hendak melakukan salat. Kemudian berbaringlah di atas bagian tubuh yang kanan. Lalu ucapkanlah, ”Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu, aku menyerahkan urusanku kepada-Mu, aku menyandarkan punggungku kepada-Mu, karena senang dan takut. Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari-Mu, kecuali kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab yang telah Engkau turunkan, dan Nabi yang telah Engkau utus.” Apabila kamu meninggal dunia, maka kamu meninggal dalam keadaan fitrah. Dan jadikanlah ia ucapan terakhirmu.” (HR Bukhary 19/372)

 

Penulis : Ahmad Baiquni

Sumber : Dream

4 dari 4 halaman

Saksikan video menarik di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cadbury Spesial Ramadhan, Beli Cokelat Sambil Bersedekah
Artikel Selanjutnya
Kenapa Sering Mengantuk Saat Puasa?