Sukses

3 Cara Dengarkan Musik via Google Maps Saat Terjebak Macet Jelang Buka Puasa

Berikut sejumlah langkah sederhana untuk menikmati musik saat membuka Google Maps, terlebih bagi kamu yang terjebak macet dan bingung ingin membunuh waktu jelang berbuka puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Google sudah mengintegrasikan layanan pemetaannya, Maps, dengan Spotify. Oleh sebab itu, para pengguna Google Maps di perangkat Android, kini bisa langsung mendengarkan koleksi lagu Spotify, tidak hanya dari Google Music saja.

Cara penggunaan fitur baru ini di Google Maps juga cukup mudah.

Berikut sejumlah langkah sederhana untuk menikmati musik saat membuka Google Maps, terlebih bagi kamu yang terjebak macet dan bingung ingin membunuh waktu jelang berbuka puasa.

1. Atur Manual

Google Maps dan Spotify (screenshot)

Untuk bisa menikmati koleksi lagu Spotify di Google Maps, pastikan smartphone kamu memiliki kedua aplikasi tersebut.

Jika tidak ada pemberitahuan soal integrasi Spotify ini di Google Maps, maka Anda harus melakukannya secara manual.

Caranya, masuk ke manu Settings, lalu pilih Navigations Settings, kemudian aktifkan opsi Show Media Playback.

Setelahnya, akan muncul dua pilihan aplikasi musik, yakni Google Play Music dan Spotify. Kamu bebas memilih sesuai dengan layanan musik yang sering digunakan.

Google Maps dan Spotify (screenshot)

Jika memilih Spotify, maka pada bagian Default Media App akan muncul nama layanan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Hubungkan Google Maps ke Akun Spotify

Google Maps dan Spotify (screenshot)

Google Maps dan Spotify (screenshot)

Setelah memilih Spotify untuk dihubungkan ke Google Maps, akan muncul pemberitahuan soal integrasi tersebut. Tekan "Oke" jika kamu setuju dengan persyaratan Google Maps, agar bisa menikmati lagu Spotify di layanan peta tersebut.

3 dari 3 halaman

3. Proses Penggunaan Spotify di Google Maps

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama, kamu pilih lokasi yang ingin dituju di Google Maps. Lalu pilih "Directions" dan mulai perjalanan dengan menekan menu "Start".

Google Maps dan Spotify (screenshot)

Setelahnya, kamu akan melihat logo Spotify di sisi kanan. Klik logo tersebut untuk mengaktifkan Spotify, kemudian pilih lagu yang ingin diputar dengan tap ikon "Browse" Spotify yang berada di bagian bawah laman pemetaan tersebut.

Voila! kamu bisa menikmati lagu favorit ketika menggunakan Google Maps, terutama dapat membuat suasana menjadi lebih baik ketika berada di tengah kemacetan. Nilai plus lain, kamu tidak perlu membuka dua aplikasi sekaligus untuk mendengarkan musik, karena cukup Maps saja.

Kendati demikian, kamu harus berhati-hati saat berkendara. Jangan sampai terlalu asyik mendengarkan musik saat berkendara, sehingga tidak memperhatikan keadaan sekitar, terutama para pengendara motor. Hal ini pun berlaku bagi pengendara mobil.

Integrasi layanan streaming musik ini tidak hanya bisa dinikmati para pengguna Android. Para pengguna perangkat iOS juga bisa menikmati fitur serupa, tapi integrasi layanan musiknya adalah Spotify dan Apple Music.

Selamat menikmati!

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.