Sukses

Relawan Jokowi Buka Bareng Warga Syukuri Pemilu Damai

Di tengah rasa syukur itu, lanjut Pitono, ada duka dengan meninggalnya para petugas KPPS saat menjalankan tugasnya.

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Penggerak Jakarta Baru (RPJB), salah satu kelompok pendukung Joko Widodo atau Jokowi, menggelar doa dan buka bersama warga di Condet, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis 17 Mei 2019. Dalam acara itu juga sekaligus memanjatkan doa untuk para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang berpulang dalam bertugas mengawal proses Pemilu 2019.

Ketua Umum RPJB, Pitono Adhi, menyampaikan, buka bersama warga tersebut digelar sebagai wujud syukur atas penyelenggaraan Pemilu yang damai dan aman.

”Warga di sini semua bersyukur bahwa Pemilu secara umum berjalan dengan baik, jujur dan adil,” ujar Pitono dalam ketarangannya, Jumat (17/5/2019).

Di tengah rasa syukur itu, lanjut Pitono, ada duka dengan meninggalnya para petugas KPPS saat menjalankan tugasnya. Di antaranya karena kelelahan menjaga proses demokrasi di tengah antusiasme warga dalam memilih calon pemimpinnya.

”Kepada mereka yang berpulang, kita berdoa dengan segala kerendahan hati dan ketulusan semoga beliau-beliau diberi tempat mulia di sisi Tuhan,” ujar Pitono yang langsung diamini warga yang hadir.

Pitono juga mengajak semua warga di kawasan Jakarta Timur tersebut untuk menunggu pengumuman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tanggal 22 Mei 2019 mendatang dengan sikap damai dan penuh kesejukan.

”Saya tahu warga di sini banyak yang mendukung Pak Jokowi dan KH Maruf Amin. Meski sudah tampak unggul jauh suaranya dibandingkan Pak Prabowo dan Sandiaga Uno, kita tidak boleh euforia. Tetap sabar, tunggu pengumuman KPU,” ujarnya.

”Dan jangan terprovokasi oleh segala manuver yang memecah belah masyarakat, tolak hasutan untuk melakukan langkah-langkah yang tidak konstitusional, jangan terpancing berita hoaks,” kata Pitono.

Siti Masnah, salah seorang warga yang hadir, mengatakan, masyarakat berharap ke depan kondisi bangsa semakin maju. “Harapan ke depan kita makin maju, makin sukses, Indonesia bisa aman, damai dan bersatu kembali," katanya.

”Masyarakat sudah capek melihat komentar politik yang saling ribut. Kita ingin damai, bekerja dengan tenang,” ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.