Sukses

Ini Layanan Google Paling Sering Dipakai Warganet pada Bulan Ramadan

Berikut ini adalah beberapa layanan Google yang paling sering dipakai warganet selama bulan Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja mengungkap data menarik tentang perubahan rutinitas warganet di Indonesia saat bulan Ramadan.

Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia, mengungkap warganet lebih banyak menghabiskan waktu selama bulan Ramadan ini mmenggunakan smartphone.

Hal ini terlihat dari peningkatan konsumsi sejumlah layanannya dibandingkan beberapa bulan sebelumnya.

"Di bulan Ramadan ini terjadi perubahan rutinitas, dan hal ini berdampak ke peningkatan konsumsi media. Di Google, pencarian, unduhan aplikasi, dan waktu menonton YouTube," tutur Veronica saat ditemui di kawasan Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Mengutip data internal Google dan App Annie, Veronica mengungkapkan terjadi peningkatan pencarian sebesar 40 persen selama Ramadan dibandingkan bulan-bulan berikutnya.

Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami. (Liputan6.com/ Andina Librianty)

Ada empat kategori informasi yang banyak dicari selama Ramadan, yaitu informasi penunjang ibadah, makanan di bulan Ramadan, belanja, dan konten religius.

Empat kategori tersebut terdiri dari berbagai macam jenis pencarian, seperti jadwal puasa dan imsakiyah, arah kiblat, menu buka puasa, resep kue lebaran, pencarian informasi gadget dan perabot rumah, doa buka puasa, serta lagu Ramadan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Uduhan di Play Store Meningkat

Google Play Store. (Istimewa)

Selain itu, jumlah unduhan aplikasi di Play Store juga mengalami peningkatan 20 persen selama bulan Ramadan. Google sendiri selama Ramadan tahun ini berbagi rekomendasi berbagai aplikasi termasuk gim, serta promo buku dan film.

Diungkapkan Veronica, waktu menonton YouTube juga mengalami peningkatan 40 persen dibandingkan beberapa bulan sebelumnya. Waktu menonton terlihat mengalami lonjakan tinggi pada pukul 10.00 - 14.00 WIB.

"Pengguna lebih banyak aktivitas dan lebih lama menonton selama sahur, siang, dan setelah buka puasa," tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan Google terus memperkuat layanannya dengan ber mbagai fitur. Untuk YouTube, katanya, terdapat tab "YouTube Creator on The Rise", yang bisa disaksikan selama Ramadan dan perjalanan mudik. Tab ini sendiri sebenarnya tidak hanya ada untuk Ramadan dan Idul Fitri saja.

YouTube Creator on The Rise ini berisi video-video dari YouTuber yanh tengah naik daun. Kehadiran berbagai macam video tersebut dinilai akan membuat momen Ramadan dan mudik semakin menyenangkan.

(Din/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini