Sukses

Cocok untuk Buka Puasa, Ini Resep Bakso Khas Kekaisaran Ottoman

Jika Anda bosan dengan menu buka puasa yang itu-itu saja, Anda dapat mencoba Dawood Basha, bakso khas Kekaisaran Ottoman.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda bosan dengan menu buka puasa saat Ramadan yang itu-itu saja, Anda dapat mencoba Dawood Basha. Makanan sejenis baso itu ternyata sangat khas Kekaisaran Ottoman.

Namun bagi Anda yang tidak menyukai masakan pedas, Anda harus hati-hati terlebih untuk menyantapnya saat buka atau sahur saat Ramadan. Karena Dawood Basha menggabungkan tomat dan daging cincang dengan rasa yang sangat pedas. Kuah makanan ini sambal yang nampak sangat kental.

 

Sebetulnya banyak orang bertanya-tanya tentang asal muasal hidangan yang biasa disantap saat Ramadan ini. Sebagian mengatakan berasal dari Suriah, Libanon, dan Irak. Namun legendanya, masakan itu berasal dari Turki era Kekaisaran Ottoman.

Istilah "Basha" merujuk pada perwira tinggi di Ottoman, yakni "pasha". Ditulis Basha oleh sebagian besar orang karena dalam bahasa Arab tidak ada huruf "P" demikian sebagaimana dikutip dari situs Middle East Eye pada Kamis (16/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seperti Apa Dawood Basha?

Dawood Basha adalah hidangan klasik Timur Tengah, penuh dengan bakso lembut. Bola daging itu dimasak dengan saus tomat yang memiliki aroma khusus.

Biasanya, hidangan itu disajikan dengan nasi polos atau bihun. Anda juga dapat menyantapnya dengan roti. Makanan ini diklaim sebagai hidangan "sempurna" di momen Ramadan.

3 dari 3 halaman

Resep

Untuk:6 porsi

Waktu persiapan dan memasak: 45-55 menit

Bahan

Untuk bakso

750 g (1lb 10 oz) daging sapi cincang atau domba cincang

1 bawang berukuran besar, dicincang

1 telur besar

Rempah-rempah (catatan Anda dapat menggunakan campuran apa pun untuk membumbui cincang - biasanya menggunakan 1 sendok teh kari bubuk dan 1 sendok teh garam, serta merica).

Untuk Saus

Minyak sayur

1 bawang berukuran besar, dicincang

6 tomat mentah, dicincang

2 kaleng tomat cincang (bisa diganti dengan tomat segar, jika lebih disukai)

1 liter air

1 sendok makan paprika

garam

½ ikat peterseli segar

Cara Membuat Bakso

Potong bawang dan masukkan dalam food processor. Tambahkan cincang, bumbu, garam, merica, dan telur ke dalam food processor dan aduk.

Ambil adonan dan letakkan dalam mangkuk besar.

Bentuk adonan itu menjadi bakso kecil dan sisihkan di atas nampan.

Dengan menggunakan panci dangkal, panaskan minyak. Saat panas, tambahkan bakso dan goreng sampai berwarna cokelat di semua sisi.

Keluarkan bakso, tutup dan sisihkan.

 

Membuat Saus

Tambahkan minyak ke panci ukuran sedang dan panaskan sebelum menambahkan bawang cincang.

Tumis bawang selama beberapa menit sebelum menambahkan tomat segar. Masak selama 2 menit. Pada api sedang, tambahkan tomat kaleng, paprika dan garam. Tambahkan air dan besarkan api. Tunggu saus dengan api besar sampai mengental. Setelah mengental, kurangi panasnya dan tambahkan peterseli cincang dan bakso yang sudah matang.

Biarkan dan didihkan dengan api kecil selama sekitar 5 menit. Sajikan dengan segera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini