Sukses

Ramadan dan Mudik Makin Seru dengan Layanan Google Ini

Bertepatan dengan bulan suci Ramadan, Google memperkenalkan berbagai layanan untuk membantu para penggunanya.

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja merilis sejumlah fitur tambahan pada berbagai layanannya untuk melancarkan aktivitas di bulan Ramadan.

Adapun layanan-layanan ini termasuk, yakni Google Search, Asisten, Play, Maps, dan Duo.

Pada Google Search, pengguna dipermudah dalam melaksakan ibadah dengan berbagai kata kunci terkait.

Cukup dengan mencari kata 'Ramadan', 'bulan Ramadan', dan 'puasa' di Google Search, maka akan muncul berbagai informasi terkait yang dibutuhkan, termasuk jadwal salat dan mencari arah kiblat.

Jadwal salat ini berdasarkan data dari Kementerian Agama, dan sudah disesuaikan dengan lokasi pengguna.

"Kami merilis fitur-fitur baru ini untuk membantu melancarkan keseharian berpuasa. Fitur-fitur ini membuat Ramadan dan Hari Raya menjadi lebih bermakna," Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, di kawasan Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Layanan Google di bulan Ramadan. (Liputan6.com/ Andina Librianty)

Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan Google Asisten seperti mengatur alarm agar menyala di waktu sahur. Pengguna bisa menyampaikan perintah suara seperti "hidupkan alarm pukul 3 pagi".

Google Play Store pun berbagi rekomendasi berbagai aplikasi termasuk gim, serta promo buku dan film selama Ramadan.

Kemudian, Google juga bekerja sama dengan Qraved untuk menghadirkan daftar "Restoran Untuk Bukber", yang telah dikurasi sesuai lokasi terdekat pengguna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mudik Pakai Google Maps

Google Maps / Sumber: iStockphoto.com

Google juga memperkuat layanan Maps dalam rangka menyambut momen mudik. Raksasa mesin pencari ini bekerja sama dengan pemerintah untuk memperbarui berbagai informasi tentang rute terbaik, rest area, posko mudik, dan posko kesehatan.

Semua informasi tersebut dirangkum di dalam Maps dan infomudik.go.id pada tab "Mudik bersama Google", yang mulai dapat diakses hari ini.

Selama perjalanan mudik, pengguna juga bisa menyaksikan berbagai video pada tab "YouTube Creator on The Rise".

Pada tab ini, berisi video-video dari YouTube yang tengah naik daun. YouTube Creator on The Rise ini tidak hanya ada selama Ramadan.

Pengguna pun bisa memanfaatkan aplikasi video call, Google Duo, ketika Hari Raya Idul Fitri atau dalam berbagai kesempatan lain. Aplikasi ini memiliki empat fitur baru, Group Call, Video Message, Data Saving Mode, dan Duo on Web.

"Jadi komunikasi dengan keluarga dan teman-teman bisa menjadi lebih lancar, di mana pun kita berada," kata Veronica.

(Din/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini