Sukses

Quraish Shihab: Kehidupan Adalah Nilai-Nilai Luhur yang Harus Diperjuangkan

Apa makna sebenarnya dari hidup? Nilai-nilai luhur yang harus diperjuangkan dan diwujudkan dalam perilaku pribadi dan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu hidup dan maknanya? Cendekiawan muslim dan pakar tafsir Quraish Shihab mencoba mengulasnya lewat siraman rohani di program Mutiara Hati SCTV yang ditayangkan selama bulan Ramadan. 

Apakah hidup? Orang berkata hidup adalah menarik dan mengembuskan nafas. Ada lagi yang berkata, hidup adalah beredarnya darah, berdenyutnya jantung dan berfungsinya otak.

Menurut Quraish Shihab, ada juga orang yang berkata bahwa hidup dikatakan sebagai gerak, rasa, dan tahu. Namun, semua ini bukan hidup, tapi melainkan sebuah tanda-tanda kehidupan.

Lantas, apa makna sebenarnya dari hidup?

Banyak orang yang sampai akhir hidupnya belum mengetahui apa tujuan hidupnya. Terkait hal ini, agama mengingatkan kita akan makna hidup yang sesungguhnya.

Alquran menyatakan,"Hai orang-orang yang beriman perkenankanlah Allah dan rasulnya ketika dia mengajak kamu menuju kehidupan."

Kehidupan dalam bahasa Alquran diartikan sebagai nilai-nilai luhur yang harus diperjuangkan dan diwujudkan dalam perilaku pribadi dan masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.