Sukses

Ini Doa Berbuka Puasa di Rumah Orang Lain Sesuai Anjuran Rasulullah

Liputan6.com, Jakarta Puasa di bulan suci Ramadan ini tentunya memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan puasa lainnya yang biasa umat Muslim jalankan. Ya, terdapat berbagai kegiatan yang bisa dilakukan

Nah, bagi setiap orang yang menjalankan puasa di bulan Ramadan ini tentu merasakan kebahagian saat waktunya berbuka tiba. Tetapi, kurang menyenangkan rasanya jika hanya makan menu berbuka seorang diri.

Ya, momen berbuka puasa ini memang lebih asyik jika digelar bersama. Maka tak heran banyak orang yang menggelar jamuan buka puasa. Ada yang mengadakannya di rumah atau bahkan mengundang ke rumah makan tertentu.

Tentu, dijamu berbuka puasa adalah nikmat yang luar biasa. Si penjamu sangat ingin meraih keberkahan dengan menjamu kamu. Untuk itu, dianjurkan untuk membalas kebaikan si penjamu dengan mendoakannya.

Berikut ini, Liputan6.com, Rabu (15/5/2019) telah menyiapkan doa yang bisa kamu baca untuk membalas kebaikan si penjamu. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini doa berbuka puasa Ramadan di rumah orang lain.

2 dari 4 halaman

Doa Berbuka Puasa di Rumah Orang Lain

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika disuguhkan makanan oleh Sa’ad bin ‘Ubadah, beliau mengucapkan,

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُونَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ الأَبْرَارُ، وَنَزَلَتْ عَلَيْكُمُ الْمَلائِكَةُ‎

Afthoro 'indakumush shoo-imuuna wa akala tho'amakumul abroor wa shollat 'alaikumul malaa-ikah

Artinya:

"Orang-orang yang berpuasa berbuka di tempat kalian, orang-orang yang baik menyantap makanan kalian dan malaikat pun mendoakan agar kalian mendapat rahmat." (HR Abu Daud no. 3854 dan Ibnu Majah no. 1747 dan Ahmad 3//118. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Hadis lengkapnya dari Anas bin Malik, beliau mengatakan:

"Bahwa Nabi berkunjung ke rumah Sa'd bin Ubadah, lalu disuguhkan kepada beliau roti dan minyak zaitun, beliaupun memakannya. Kemudian Nabi bersabda:

Afthara 'ndakumus-shooimuun..."

(HR Abu Daud 3854, Ibnu Majah 1747, Ad-Darimi dalam sunannya 1813, dan sanadnya dinilai shahih oleh Husain Salim Ad-Darani dalam tahqiq untuk sunan ad-Darimi).

3 dari 4 halaman

Doa Diberi Hidangan Saat Puasa Ataupun di Luar Puasa

Adapun doa ketika diberi hidangan oleh saudara muslim yang lain, baik ketika sedang puasa maupun di luar waktu puasa, maka kita juga dianjurkan mendoakan mereka. Sebagai wujud rasa terima kasih kita kepadanya.

Di antara doa yang dianjurkan dibaca adalah,

Pertama

Allahuma ath’im man ath’ama-nii was-qi man –saqaa-nii

Artinya, “Ya Allah, berilah makanan orang yang memberi aku makan dan berilah minum orang yang memberi aku minuman."

Hadis selengkapnya dari Al-Miqdad, beliau mengatakan:

“Saya datang ke Madinah bersama dua temanku. Sementara pendengaran dan penglihatan kami mulai terganggu karena sangat lapar dan kehausan, kemudian kami mendatangi Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam..”

Dalam hadis tersebut dinyatakan bahwa Nabi membaca doa:

"Ya Allah, berilah makanan orang yang memberi aku makan dan berilah minum orang yang memberi aku minuman." (HR. Muslim, 2055).

4 dari 4 halaman

Doa Berbuka Puasa di Rumah Orang Lain

Kedua

Allahuma baarik lahum fii-maa razaqtahum, wagh-fir lahum, war-ham-hum.

Artinya: "Yaa Allah, berkahilah rizki yang Engkau anugerahkan kepada mereka, ampuni mereka, dan berikanlah rahmat kepada mereka."

Hadis selengkapnya dari Abdullah bin Busr, beliau bercerita:

Rasulullah pernah singgah di rumah bapakku maka kami suguhkan kepada beliau makanan dan adonan kurma gandum. Beliaupun memakannya. Kemudian disuguhkan kurma kering, beliaupun memakannya dan membuang biji dengan dua jari, telunjuk dan tengah.

Kemudian disuguhkan minuman dan beliau meminumnya. Setelah itu, beliau berikan ke samping kanannya. (setelah hendak pergi), ayahku memohon kepada beliau sambil memegang kekang tunggangan beliau: Berdoalah kepada Allah untuk Kami. Kemudian Nabi mendoakan:

Allahumma baarik lahum fii-maa razaqtahum... (HR.Muslim 2042).