Sukses

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Kamis 16 Mei 2019 dan Arti Bulan Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Jadwal buka puasa hari ini Kamis 16 Mei 2019 adalah jadwal penting yang harus diketahui saat berpuasa. Usai menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenam matahari, berbuka puasa adalah waktu yang paling ditunggu.

Jadwal buka puasa hari ini Kamis 16 Mei 2019 juga digunakan sebagai patokan untuk waktu berbuka yang jatuh pada waktu salat Maghrib. Puasa memiliki manfaat tak terhingga bagi umat Islam yang menjalaninya.

Bulan Ramadan merupakan bulan paling istimewa dari bulan lainnya. Pada bulan ini gajaran pahala akan dilipat gandakan. Selain puasa banyak ibadah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kemuliaan Ramadan.

Dalam agama Islam, puasa dilaksanakan mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat sesuai perintah dalam kitab suci Alquran. Sebelum berpuasa, umat Islam dianjurkan untuk makan sahur. Setelah memasuki waktu matahari terbenam, umat Islam dapat mengahkhiri puasanya dengan berbuka.

Berikut jadwal buka puasa hari ini Kamis 16 Mei 2019 untuk beberapa kota besar di Indonesia, dilansir Liputan6.com dari laman Kementrian Agama Republik Indonesia, Kamis (16/5/2019).

2 dari 5 halaman

Arti Bulan Ramadan

Kata Ramadan berasal dari akar kata bahasa Arab ramiḍa atau ar-ramaḍ, yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan. Bangsa Babilonia yang budayanya pernah sangat dominan di utara Jazirah Arab menggunakan penghitungan tahun berdasarkan bulan dan matahari sekaligus. Bulan kesembilan, yaitu bulan Ramadan selalu jatuh pada musim panas yang sangat menyengat.

Namun, setelah umat Islam mengembangkan kalender berbasis bulan, yang rata-rata 11 hari lebih pendek dari kalender berbasis Matahari, bulan Ramadan tak lagi selalu bertepatan dengan musim panas. Orang lebih memahami 'panas'nya Ramadan secara kiasan.

Kiasan ini merujuk pada hari-hari dimana orang berpuasa, tenggorokan terasa panas karena kehausan. Diharapkan dengan ibadah-ibadah Ramadan maka dosa-dosa terdahulu menjadi hangus terbakar dan orang yang berpuasa tak lagi berdosa. Bulan Ramadan diawali dengan penentuan bulan sabit sebagai pertanda bulan baru.

3 dari 5 halaman

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Kamis 16 Mei 2019/ 11 Ramadan 1440H

Berikut jadwal buka puasa hari ini Kamis 16 Mei 2019, 11 Ramadan 1440H di kota-kota besar Indonesia:

Jakarta: 17.47 WIB

Bandung: 17.47 WIB

Surabaya: 17.22 WIB

Jogja: 17.31 WIB

Banda: Aceh 18.50 WIB

Medan: 18.33 WIB

Padang: 18.20 WIB

Palembang: 18.00 WIB

Solo: 17.29 WIB

Malang: 17.22 WIB

Pontianak: 17.46 WIB

Banjarmasin: 18.20 WIB

Denpasar: 18.10 WIB

Makassar: 17.58 WIB

Palu: 18.02 WIB

Ambon: 18.25 WIB

Jayapura: 17.37 WIB

4 dari 5 halaman

Makna Bulan Ramadan

Bulan penuh kesabaran

Selama berpuasa umat islam diwajibkan untuk menahan segala hawa nafsu, berperilaku sabar, dan tahan akan adanya ujian. Rasulullah SAW bersabda:

“Puasa (Ramadan) merupakan perisai dan benteng yang kokoh dari siksa api neraka.” (HR. Ahmad dan al-Baihaqi).

Maka dari itu saat bulan Ramadan, dianjurkan untuk banyak beribadah dan mendekatkan diri pada Allah. Dengan begitu segala nafsu, amarah dan emosi yang berlebihan lainnya dapat dapat terhindarkan.

Bulan Turunnya Alquran

Alquran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW di bulan Ramadan, tepatnya pada tanggal 17 Ramadan. Alquran merupakan petunjuk dan pedoman hidup yang harus diimani oleh setiap muslim. Malam pertama kalinya diturunkan Alquran kepada Nabi Muhammad SAW disebut juga dengan Nuzulul Qur’an.

Malam Lailatul Qadar

Pada bulan Ramadan terdapat suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Itulah malam Lailatul Qadar (QS. 97: 1). Malam Lailatul Qadar ini tentunya menjadi suatu malam yang paling diinginkan oleh semua umat muslim. Hanya orang orang yang beramal shaleh lah yang bisa mendapatkan malam ini.

5 dari 5 halaman

Makna Bulan Ramadan

Bulan yang penuh dengan kedermawanan

Pada bulan Ramadan, Nabi Muhammad SAW memberi keteladan terbaik dengan banyak bersedekah dan menjadi orang yang paling dermawan pada bulan suci ini. Umat islam dianjurkan untuk bersedakah serta di akhir puasa yaitu sebelum hari raya Idul Fitri dengan menunaikan zakat fitrah bagi orang yang mampu.

Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan khusus pada bulan Ramadan atau paling lambat sebelum selesainya salat Idul Fitri. Setiap individu muslim yang berkemampuan wajib membayar zakat jenis ini.

Bulan pengampunan dosa

Rasulullah SAW pun bersabda,

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena keimanan dan hanya mengharap pahala, dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. al-Bukhari).

Allah SWT menjanjikan pengampunan segala dosa dan kebebasan dari siksa api neraka terhadap orang orang yang berpuasa karena keimanannya dan semata mata untuk mengharap ridha-Nya.

Apalagi ketika bulan Ramadan pintu pintu surga dibuka, pintu pintu neraka ditutup dan setan setan dibelenggu. Sebagaimanan Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Jika datang bulan Ramadan pintu-pintu syurga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (HR. al-Bukhari dan Muslim). Membuat makna bulan Ramadan bagi umat Islam semakin besar.

Bahkan Allah SWT menyediakan pintu khusus di surga untuk umat Islam yang berpuasa Ramadan, yang bernama Ar-Rayyan. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Pintu ar-Rayyan hanya diperuntukan bagi orang-orang berpuasa, bukan untuk selain mereka. Bila pintu tersebut sudah dimasuki oleh seluruh rombongan ahli puasa Ramadan, maka taka ada lagi yang boleh masuk ke dalamnya.” (HR. al-Bukhari, Muslim dan Ahmad).

Loading
Artikel Selanjutnya
Mutiara Hati Quraish Shihab: Berteman dengan Non-Muslim
Artikel Selanjutnya
Bergaya Syari, Tas Mahal Ussy Sulistiawaty Curi Perhatian