Sukses

Jadwal Imsak Hari Ini Kamis 16 Mei 2019 dan Kiat Jalankan Puasa Agar Tak Lemas

Jadwal imsak hari Kamis 16 Mei 2019 dan kiat menjalankan puasa agar tidak lemas.

Liputan6.com, Jakarta Jadwal imsak hari ini, Kamis 16 Mei 2019 tentunya akan berbeda di setiap daerah. Maka tidak heran, hampir seluruh umat Muslim di Indonesia yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan membutuhkan jadwal imsak setiap harinya. Imsak merupakan waktu yang digunakan sebagai batas umat Muslim dapat menjalankan santap sahurnya. 

Kalau kamu sudah mengetahui jadwal imsak hari ini Kamis 16 Mei 2019, kamu dapat mengetahui patokan kapan harus berhenti untuk santap sahur. Perbedaan zona waktu ini menjadikan jadwal imsak di Indonesia berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya. Oleh karena itu, penting banget untuk mengetahui jadwal insak sesuai daerah tempat kamu melakukan santap sahur.

Agar kamu dapat memperkirakan seberapa lama kamu santap sahur hari ini, sudah sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jadwal imsak hari ini Kamis 16 Mei 2019.

Berikut jadwal imsak hari ini, Kamis 16 Mei 2019 dilansir Liputan6.com dari laman Kementerian Agama Republik Indonesia, Kamis (16/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Niat Puasa Ramadan

Niat menjalankan ibadah puasa bisa dilakukan saat malam hari sebelum melakukan makan sahur atau setelah makan sahur. Namun bagi sebagain orang, ada juga yang melakukan niat ibadah puasa Ramadan ini setelah shalat tarawih. Berikut ini niat puasa yang sering digunakan oleh sebagian orang.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى‎

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'alaNiat puasa Ramadan ini sudah dijelaskan dibeberapa hadits yang juga merupakan perintah dari Nabi Muhammad SAW.

Niat puasa ini dijelaskan dalam sebuah hadits berikut.Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ‎

Artinya: Siapa yang belum berniat di malam hari sebelum Shubuh, maka tidak ada puasa untuknya. (HR. An Nasai no. 2333, Ibnu Majah no. 1700 dan Abu Daud no. 2454. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits ini).

3 dari 4 halaman

Jadwal Imsak Hari Ini Kamis 16 Mei 2019

Berikut jadwal imsak hari ini Kamis 16 Mei 2019, 11 Ramadan 1440 H di kota-kota besar Indonesia:

Jakarta: 04.25 WIB

Bandung: 04.23 WIB

Surabaya: 04.03 WIB

Yogyakarta: 04.13 WIB

Semarang: 04.12 WIB

Aceh: 04.54 WIB

Padang: 04.44 WIB

Jambi: 04.32 WIB

Medan: 04.44 WIB

Palembang: 04.29 WIB

Pontianak: 04.07 WIB

Balikpapan: 04.39 WITA

Denpasar: 04.55 WITA

Makassar: 04.34 WITA

Ambon: 04.57 WIT

Bima: 04.41 WITA

Kupang: 04.23 WITA

Jayapura: 04.05 WIT

4 dari 4 halaman

Cara Atasi Lemas Saat Puasa

Atur Pola Makan Selama Buka Puasa dan Sahur

Cara atasi lemas saat puasa bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang kamu konsumsi saat sedang berpuasa harus terdapat sayuran, buah, kentang atau roti, daging/ikan/ayam, susu, dan produk susu serta makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat.

Untuk pemilihan sumber karbohidrat, pastikan memilih jenis karbohidrat yang kompleks, bukan kerbohidrat yang sederhana. Makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti jelai (barley, sejenis sereal), gandum, dan nasi basmati.

Ketiga menu tersebut merupakan jenis makanan yang dapat mengeluarkan energy secara perlahan, sehingga dapat mencegah rasa lemas saat berpuasa. Selain itu, makanan berserat seperti sayuran hijau dan hampir seluruh jenis buah juga lama untuk dicerna yang bisa menahan rasa lemas kamu selama berpuasa.

Sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang diproses seperti kue, biskuit, dan cokelat. Hindari juga mengonsumsi minuman seperi kopi dan minuman bersoda selama berpuasa.

Tidur yang Cukup

Kalau kamu tidak ingin lemas saat puasa, maka cukupilah waktu tidur kamu. Namun ada yang perlu digarisbawahi. Terlalu banyak tidur dan terlalu sedikit tidur dapat menimbulkan rasa lelah. Oleh karena itu, tidurlah selama 7 – 8 jam dalam sehari.

Disarankan juga bagi kamu yang ingin menjalankan puasa keesokan harinya, untuk langsung tidur setelah melaksanakan shalat tarawih. Hal ini bertujuan agar kamu tetap segar saat bangun sahur. Jika kamu memiliki waktu untuk tidur di siang hari, ada baiknya untuk tidur sebentar.

Tetap Melakukan Aktivitas

Cara atasi lemas saat puasa berikutnya adalah kamu harus tetap melakukan kegiatan. Selama kamu berpuasa, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan berbagai kesibukan. Kamu bisa melakukan berbagai kesibukan seperti bekerja atau menghabiskan waktu bersama keluarga untuk melupakan rasa lapar dan lelah selama berpuasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.