Sukses

Masjid Tiban, Primadona Wisata Religi Jawa Timur Selama Ramadan

Selain beribadah, masjid juga seringkali dijadikan tempat wisata religi bagi umat muslim. Masjid Tiban menjadi salah satu masjid yang dijadikan tempat wisata religi bagi wisatawan. Masjid ini juga menjadi tempat favorit masyarakat Jawa Timur selama Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan menjadi momen yang tepat untuk menghabiskan waktu di masjid. Selain untuk beribadah, masjid juga seringkali dijadikan tempat wisata religi oleh umat muslim. Tak terkecuali [Masjid Tiban](3670474/10 "") yang berada di Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat bulan Ramadan, masjid ini memang selalu menjadi primadona bagi wisatawan yang ingin beribadah sekaligus melakukan wisata religi.

Dilansir dari Times Indonesia, Masjid Tiban melayani para wisatawan yang ingin berziarah atau berwisata selama bulan Ramadan. Selain itu, masjid yang berada di kawasan Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri’asali Fadlailir Rahma ini juga membuka kelas khusus belajar ilmu agama melalui program Pondok Ramadan sejak empat tahun terakhir. Selain santri, banyak jemaah yang juga ikut menginap untuk belaar ilmu agama.

"Para santri maupun jamaah sangat antusias mengikuti program selama Ramadan. Karena selain belajar, mereka juga bisa beribadah dan berwisata religi di tempat ini," ujar Petugas Bidang Informasi Masjid Tiban, Mochammad Yasik, Minggu (12/5/2019)

Program Pondok Ramadan tahun ini diikuti oleh 30 santri yang mayoritas adalah anak usia sekolah dan dilaksanakan selama 28 hari penuh. Materi yang diberikan, yakni seputar ilmu Alquran dan Fikih.

“Kalau pagi mereka sekolah, sore sampai malam baru mengaji. Ada yang hafalan surat-surat Alquran, ada juga kajian kitab untuk anak-anak yang sudah remaja,” tuturnya.

Santri yang mengikuti program ini biasanya adalah anak-anak yang tinggal di sekitar Masjid Tiban dan sebagian berasal dari luar daerah. Selain itu, orangtua santri mempercayakan anak-anaknya untuk mendapatkan ilmu agama melalui program Pondok Ramadan.

"Program ini memang khusus untuk memberi pembekalan agama selama bulan Ramadan. Sehingga, diharapkan anak-anak dan jemaah semakin meningkat kualitas ibadahnya usai mengikuti program ini," ungkapnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.