Sukses

3 Peristiwa Besar di Bulan Ramadan Pada Masa Nabi Muhammad SAW

Ada beberapa peristiwa besar di bulan Ramadan pada masa Nabi Muhammad SAW.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling mulia bagi umat Islam. Berbagai berkah dan limpahan pahala diberikan Allah SWT pada bulan ini untuk orang-orang yang senantiasa beramal saleh.

Bulan Ramadan bahkan semakin istimewa dengan berbagai peristiwa besar yang terjadi bertepatan dengan datangnya bulan puasa ini. Peristiwa-peristiwa tersebut merupakan tonggak dan titik balik kejayaan Islam.

Peristiwa besar tersebut terjadi pada bulan yang mulia dan penuh berkah. Mulai dari Nabi Muhammad SAW menerima wahyu untuk pertama kalinya, Perang Badar yang menjadi kunci kejayaan Islam, hingga peristiwa pembebasan Kota Mekkah.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadan dari NU Online, Selasa (14/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Turunnya Alquran

Peristiwa besar yang pertama tentunya adalah peristiwa turunnya Alquran pada 17 Ramadan, 13 tahun sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah. Saat itu Nabi Muhammad SAW menjauh dari manusia dan menjalankan ibadah yang khusyuk di Gua Hira.

Saat itulah Malaikat Jibril datang dan menyuruh Nabi Muhammad SAW untuk membaca. Tetapi Nabi Muhammad SAW kala itu menjawab tidak bisa.

Begitu sampai perintah itu diulang tiga kali, jawaban Nabi Muhammad SAW masih sama. Kemudian, Malaikat Jibril membacakan wahyu pertama, yaitu surat Al-Alaq ayat 1 -5.

3 dari 4 halaman

2. Perang Badar

Peristiwa besar selanjutnya juga terjadi pada 17 Ramadan, atau bertepatan dengan tahun kedua hijriah. Perang Badar merupakan perang yang menandai awal kejayaan kamu muslimin.

Hanya dengan membawa 313 pasukan muslim, Nabi Muhammad SAW dan pasukannya tidak gentar dalam menghadapi pasukan musuh yang memiliki 950 pasukan. Dengan tekad yang kuat, pihak muslim berhasil memporak-porandakan pasukan kafir.

Dengan kemenangan tersebut Nabi Muhammad SAW kembali ke Madinah dengan sambutan yang sangat indah dan meriah. Allah SWT memuliakan Islam, meninggikan menaranya, dan mengikis berhala-berhala.

4 dari 4 halaman

3. Pembebesan Kota Mekkah

Peristiwa besar selanjutnya ini terjadi pada 20 Ramadan tahun 8 hijriah, yaitu peristiwa Fathu Makkah atau Penaklukan Kota Mekkah. Nabi Muhammad SAW berhasil menaklukkan Kota Mekkah dalam suatu perang yang dipicu oleh ingkarnya orang Quraisy terhadap satu perjanjian dari beberapa perjanjian Hudaibiyyah.

Orang Quraisy bersekongkol dengan kabilah lainnya untuk memerangi orang-orang yang berdamai dengan Nabi Muhammad SAW. Dengan 10.000 pasukan Muslim, rasul menugaskan Khalid bin Walid menjadi panglima perang dan memerintahkan untuk tiak menyerang sebelum diserang. Dalam keadaan berpuasa, nabi dan umat muslim lainnya berperang dan kemudian berbuka di tengah jalan karena keberatan.

Pada akhirnya pasukan muslim berhasil menaklukkan tentara Quraisy hingga mereka menyerah. Semua berhala dihancurkan, dan Nabi Muhammad SAW memaafkan dan membebaskan orang-orang Quraisy yang telah menyerah tersebut.

Begitulah 3 peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadan yang perlu umat muslim ketahui. Mengingat peristiwa-peristiwa tersebut adalah peristiwa yang menjadi tonggak kejayaan Islam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.