Sukses

KSP Luncurkan Situs Infomudik, Ini Dia Keunggulannya

Situs infomudik itu bekerja sama dengan Google untuk memberikan informasi terkait kondisi mudik lebaran tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Staf Presiden (KSP) bersama sejumlah kementerian, lembaga dan BUMN meluncurkan portal web www.infomudik.go.id. Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Darmawan Prasodjo mengatakan, web portal itu bekerja sama dengan Google untuk memberikan informasi terkait kondisi mudik lebaran tahun ini. 

Darmawan mengatakan, untuk menyelaraskan penyampaian informasi dan pelayanan kepada para pengguna angkutan jalan di musim mudik Lebaran 2019, infomudik.go.id dilengkapi tiga fitur utama, yakni akses jalan dan rute terbaik, serta rest area.

"Fitur terbaru adalah informasi mengenai klinik dan posko kesehatan terdekat sepanjang jalur mudik," ucap Darmawan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/5/2019). 

Darmawan,yang mendapat tanggung jawab mengkoordinasikan dan menyinergikan pengelolaan pelayanan arus mudik Lebaran 2019 ini menekankan, mudik tahun ini menjadi lebih istimewa, karena pembangunan infrastruktur sudah tercapai dengan adanya Tol Trans Jawa.

"Persiapan tempat istirahat dan pelayanan atau rest area juga makin ditingkatkan, seperti halnya menyiapkan SPBU dan juga memastikan bergeraknya ekonomi lokal yang menyediakan aneka UMKM kuliner lokal sesuai arahan Presiden Jokowi," ungkap dia.

Menurutnya, melalui infomudik.go.id, masyarakat juga dapat mengunggah temuan mereka akan tambahan informasi, termasuk terkait tempat kuliner dan destinasi wisata baru. 

"Sehingga portal ini tidak bersifat statis, tapi terus berkembang sejalan dengan waktu libur mudik lebaran 2019, baik arus mudik maupun arus balik,” paparnya.

Khusus tahun ini, ada tambahan satu portal baru, yakni turtransjawa.id sebagai panduan kepada publik bagaimana memanfaatkan berbagai lokasi wisata di sepanjang jalan tol dari Merak hingga Probolinggo.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati yang hadir pada peluncuran infomudik.go.id di ruang rapat utama Kantor Staf Presiden, Jum’at, 10 Mei 2019 menjelaskan pesan khusus Presiden Jokowi. 

Menurut Adita, Presiden Jokowi menekankan beberapa hal penting dalam menyambut lebaran antara lain ketersediaan dan kestabilan harga pokok yang harus selalu diinformasikan kepada masyarakat, kesiapan infrastruktur transportasi dan didukung ketersediaan BBM, serta keaamanan, tidak hanya menyangkut situasi jalan di lapangan, tetapi juga terkait informasi cuaca oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Ketiga poin ini sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan pemudik. Karena itu, kehadiran berbagai jenis sarana informasi, baik yang bersifat pull melalui portal seperti ini, maupun push, di mana masyarakat bisa langsung mendapatkan informasi tentang arus mudik dan arus balik menjadi sangat berperan,” ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahu Membahu Beri Pelayanan Mudik

Berbagai instansi telah bahu-membahu menyiapkan layanan agar para pemudik dapat menjalani ritual budaya tahunan ini dengan lancar.

Dari sisi jumlah angkutan, Kementerian Perhubungan dan PT KA telah menyiapkan angkutan tambahan moda kereta api. 

Sementara itu, BMKG dengan 187 kantor stasiunnya akan terus menginformasikan kondisi cuaca terkini kepada para pemudik, yang saat ini bersiap memasuki musim kemarau. Kesiapan menyambut mudik lebaran juga telah ditunjukan Pertamina, yang terus melakukan inovasi pelayanan guna menjamin ketersediaan BBM di 78 rest area. 

"PLN juga menjamin pasokan listrik khususnya di Jawa dan Bali. Demikian pula pihak Jasa Raharja juga siap memberikan pelayanan seandainya terjadi kecelakaan korban lalu-lintas di jalur arus mudik dan arus balik Lebaran 2019," ucap Adita. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini