Sukses

3 Cara Atasi Lemas Saat Puasa Beserta Tips Sahur yang Tepat

Begini cara atasi lemas saat puasa agar ibadahmu tidak terganggu.

Liputan6.com, Jakarta Cara atasi lemas saat puasa kerap kali dibutuhkan bagi umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Ya, berpuasa merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan bagi umat Muslim di seluruh dunia. Di setiap wilayah dunia memiliki jam yang berbeda-beda dalam melaksanakan ibadah puasa.

Berlangsungnya puasa ini dimulai dari subuh hingga maghrib. Di Indonesia sendiri rata-rata puasa dijalankan kurang lebih selama 14 jam. Selama inilah, umat Muslim yang sedang menjalankan puasa tidak makan dan juga minum. Kerap kali berpuasa dapat menimbulkan beberapa keluhan.

Ya, orang-orang yang sedang menjalankan puasa terkadang mengalami keluhan seperti nyeri kepala, lemas, hingga dehidrasi di siang hari. Di mana hal ini dapat mengganggu kegiatan atau aktivitas. Terdapat beberapa penyebab dari keluhan-keluhan saat berpuasa ini. Misalnya saja kurangnya asupan makanan selama puasa, kurangnya cairan, hingga kurang tidur.

Dilansir dari Klikdokter, ada sebuah studi yang dilakukan di Morocco pada tahun 2001. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada orang-orang yang sedang berpuasa dapat muncul gangguan tidur berupa pemendekan dari fase tidur dalam. Dimana fase ini merupakan waktu yang dibutuhkan tubuh untuk memperbarui tubuh keeseokannya.

Nah, hal inilah yang menyebabkan dari lemas saat puasa. Lalu bagaimana cara atasi lemas saat puasa ini? Berikut Liputan6.com, Selasa (14/5/2019) telah merangkum dari kanal Klikdokter terkait cara atasi lemas saat puasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Atasi Lemas Saat Puasa

Tidur yang Cukup

Kalau kamu tidak ingin lemas saat puasa, maka cukupilah waktu tidur kamu. Namun ada yang perlu digarisbawahi. Terlalu banyak tidur dan terlalu sedikit tidur dapat menimbulkan rasa lelah. Oleh karena itu, tidurlah selama 7 – 8 jam dalam sehari.

Disarankan juga bagi kamu yang ingin menjalankan puasa keesokan harinya, untuk langsung tidur setelah melaksanakan shalat tarawih. Hal ini bertujuan agar kamu tetap segar saat bangun sahur. Jika kamu memiliki waktu untuk tidur di siang hari, ada baiknya untuk tidur sebentar.

3 dari 5 halaman

Cara Atasi Lemas Saat Puasa

Atur Pola Makan Selama Buka Puasa dan Sahur

Cara atasi lemas saat puasa bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang kamu konsumsi saat sedang berpuasa harus terdapat sayuran, buah, kentang atau roti, daging/ikan/ayam, susu, dan produk susu serta makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat.

Untuk pemilihan sumber karbohidrat, pastikan memilih jenis karbohidrat yang kompleks, bukan kerbohidrat yang sederhana. Makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti jelai (barley, sejenis sereal), gandum, dan nasi basmati.

Ketiga menu tersebut merupakan jenis makanan yang dapat mengeluarkan energy secara perlahan, sehingga dapat mencegah rasa lemas saat berpuasa. Selain itu, makanan berserat seperti sayuran hijau dan hampir seluruh jenis buah juga lama untuk dicerna yang bisa menahan rasa lemas kamu selama berpuasa.

Sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang diproses seperti kue, biskuit, dan cokelat. Hindari juga mengonsumsi minuman seperti kopi dan minuman bersoda selama berpuasa.

Tetap Melakukan Aktivitas

Cara atasi lemas saat puasa berikutnya adalah kamu harus tetap melakukan kegiatan. Selama kamu berpuasa, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan berbagai kesibukan. Kamu bisa melakukan berbagai kesibukan seperti bekerja atau menghabiskan waktu bersama keluarga untuk melupakan rasa lapar dan lelah selama berpuasa.

4 dari 5 halaman

Tips Sahur yang Benar Agar Tak Lemas Saat Berpuasa

Konsumsi Makanan dengan Porsi yang Cukup

Sebelum kamu memulai berpuasa, hal yang biasa dilakukan umat Muslim adalah dengan menikmati santap sahur. Saat sahur, ada baiknya kamu makan dengan porsi yang sewajarnya saja. Mengonsumsi makanan yang berlebihan saat sahur justru membuat tubuh tidak berenergi saat puasa. Hal ini justru membuat kamu menjadi mudah mengantuk karena banyak makan.

Makan Makanan dengan Kandungan Karbohidrat Kompleks

Saat sahur, cobalah untuk mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks. Hal ini dikarenakan, makanan dengan karbohidrat kompleks akan lebih lama dicerna oleh usus. Jadi bisa menyimpan banyak energi cadangan di dalam tubuh. Selain itu, perbanyak juga protein agar tubuh kamu tidak mudah lemas saat siang hari. Perlu juga menghindari makanan yang berlemak dan pedas saat sahur.

 

5 dari 5 halaman

Tips Sahur yang Benar Agar Tak Lemas Saat Berpuasa

Jangan Terburu-buru Saat Santap Sahur

Cara atasi lemas saat puasa yang bisa diterapkan juga bermula dari cara mengonsumsi makanan. Yaitu mengunyah makanan dengan cepat dan terburu-buru juga sangat berpengaruh pada kualitas puasa. Saat sahur, biasakan untuk makan dengan santai.

Soalnya, makan dengan cepat dapat menyebabkan kadar gula dalam darah terganggu dan perut kamu menjadi cepat kosong dan mudah lapar.

Perbanyak Konsumsi Air, Sayur, dan Buah

Perbanyak air putih saat sahur dan berbuka juga sangat penting. Selain itu, perbanyak juga makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang berserat tinggi, agar terhindar dari konstipasi atau sembelit selama berpuasa.

Usahakan juga untuk tidak tidur setelah shalat Subuh. Karena makanan yang kamu makan saat sahur akan terbuang sia-sia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini