Sukses

'Tarawih Sehat', Cara Keren Polda Kalbar Jaga Kesehatan Warga Saat Ramadan

Bidan Kedokteran dan Kesehatan Polda Kalimantan Barat membuka Posko Tarawih Sehat selama bulan suci Ramadan. Posko itu akan berada di Seluruh Masjid yang berada di Kota Pontianak.

Liputan6.com, Pontianak - Tidak hanya memberikan rasa aman, Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat juga memperhatikan warganya di Bumi Khatulistiwa untuk tetap sehat dan bugar di bulan suci Ramadan 2019 ini dengan program Tarawih Sehat.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kalimantan Barat, Komisaris Besar Polisi dr Sucipto DFM menyebutkan, pada bulan Ramadan 2019 yang penuh berkah ini, ia tidak ingin kehilangan momentum untuk beramal.

"Maka, melalui Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) inilah membuat program Tarawih Sehat sepanjang bulan suci Ramadan ini," kata Sucipto, Minggu (12/5/2019).

Dia menjelaskan, Tarawih Sehat ini adalah pelayanan kesehatan berwujud konsultasi medis, pemeriksaan tekanan darah, pemberian vitamin, dan obat. Hal itu disesuaikan dengan keluhan dan hasil pemeriksaan dokter terhadap pasien.

"Tim ini terdiri dari 2 dokter umum, 3  perawat, 2 staf perlengkapan dan driver dengan dilengkapi satu Ambulans," ujarnya.

Sucipto  menjelaskan, adapun tujuan program Tarawih Sehat adalah mendukung jamaah menunaikan ibadah di bulan suci Ramadan 2019 dengan kondisi kesehatan yang lebih prima.

"Sehingga ibadah puasa, salat tarawih dapat ditunaikan dengan sehat," ucapnya.

Biddokkes Polda Kalimantan Barat selama bulan Ramadan 2019 mempunyai program pelayanan kesehatan dengan nama Tarawih Sehat mulai dari sebelum waktu berbuka hingga selesai salat tarawih.

"Di sekitaran masjid-masjid yang ada di Kota Pontianak. Di Masjid Al-Hikmah Jalan Dr Wahidin, Kota Pontianak antusias masyarakat sangat baik. Sekitar 75 orang melakukan konsultasi. Selain memberikan pelayanan kesehatan tim ini juga bermaksud untuk menjalin silaturahmi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan jamaah tarawih yang hadir di masjid," Sucipto menyebutkan.

Tarawih Sehat ini dilakukan secara terjadwal dua hari dalam seminggu yaitu setiap hari Jumat dan Sabtu. Posko Tarawih Sehat akan berada di masjid - masjid di seluruh Kota Pontianak.

"Minggu pertama puasa sudah kita laksanakan. Kemarin 10 Mei kita di masjid Mujahidin, 11 Mei kita di Masjid Al-Hikmah Dr Wahidin, 17 Mei di Masjid Al-Falah jalan Arahman, 18 Mei di Masjid Sirajudin Jalan Apel, tanggal 24 Mei di Masjid Quba Jalan Paris II, tanggal 25 Mei di Masjid Hudarrahman jalan Tanjung Raya II, 31 Mei di Masjid Baitulrahman Paris I dan terakhir tanggal 1 Juni di masjid Darul Falah jalan M.Yamin," ujar Komisaris Besar Polisi dr Sucipto DFM, memberikan jadwal pelaksanaan.

Dia berharap, kegiatan Tarawih Sehat dapat diterima dan bermanfaat, khususnya bagi jamaah yang sedang menunaikan salat tarawih.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.