Sukses

Lima Jenis Olahraga yang Boleh Dilakukan Saat Puasa

Olahraga saat perut kosong dan haus dapat berdampak buruk bagi kesehatan karena bisa mengakibatkan kelelahan,lemas,pusing, hingga dehidrasi. Nah untuk itu kalian harus pintar memilih jenis olahraga yang tepat dilakukan saat berpuasa agar tidak mengganggu ibadahmu

Liputan6.com, Jakarta Bagi umat muslim, menjalankan ibadah puasa saat bulan Ramadan merupakan suatu kewajiban. Selama kurang lebih 12 jam tubuh tidak mendapatkan asupan apa pun. Olahraga saat perut kosong dan haus dapat berdampak buruk bagi kesehatan karena bisa mengakibatkan kelelahan, lemas, pusing, hingga dehidrasi. Nah, untuk yang rutin berolahraga, kalian harus pintar memilih jenis olahraga yang dapat dilakukan saat berpuasa.

Akun Youtube SKWAD Fitness mengunggah video berisi jenis-jenis olahraga yang dapat dilakukan saat puasa. video berdurasi tiga menit ini juga menerangkan hal-hal yang harus diperhatikan ketika berolahraga sehingga tidak mengganggu ibadah puasa. Yuk, kita intip olahraga apa saja sih yang bisa dilakukan saat puasa ?

1. Jogging/Treadmill

Saat puasa, dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan seperti jogging dan treadmill dengan intensitas rendah. Waktu yang tepat untu melakukan olahraga ini yaitu setelah ibadah solat subuh atau menjelang waktu berbuka.

Kedua olahraga ini juga dapat dijadikan ajang ngabuburit bersama keluarga, teman, atau orang terdekat lainnya. Kalian dapat melakukan lari-lari kecil di taman atau di sekitar rumah.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Bersepeda

Apabila kalian ingin menempuh jarak olahraga yang lebih jauh, tapi tidak terlalu melelahkan, bersepeda dapat menjadi salah satu alternatifnya. Lakukan aktivitas bersepeda minimal empat menit untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

Bersepeda selama 45 menit dapat membakar kalori hingga 300 kalori untuk wanita dan 350 kalori untuk pria. Waktu yang tepat untuk bersepeda sama dengan waktu joging, yaitu setelah ibadah salat Subuh atau menjelang waktu berbuka

3 dari 5 halaman

3. Jalan Cepat

Bagi yang tidak terlalu nyaman dengan joging maupun bersepeda, jalan cepat menjadi alternatif olahraga yang tepat. Anda cukup melakukan olahraga jalan cepat selama 30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga tersebut, yaitu saat setelah ibadah salat subuh atau menjelang waktu berbuka.

4 dari 5 halaman

4. Yoga

Bagi yang ingin melakukan aktivitas olahraga di dalam ruangan, yoga menjadi pilihan yang tepat. Selain mampu menjaga pikiran agar tetap rileks, olahraga ini juga dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh.

Prosesi yoga yang berfokus pada teknik pernafasan membantu proses penyuplaian oksigen ke otak. Hal ini dapat membantu pikiran tetap jernih, tenang, dan nyaman selama berpuasa. Olahraga yoga dapat dilakukan kapan saja saat berpuasa dan dianjurkan untuk dilakukan di tempat yang tenang agar hasil lebih maksimal.

5 dari 5 halaman

5. Naik Turun Tangga

Olahraga yang paling mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya, yaitu dengan naik turun tangga. Olahraga ini dapat dilakukan dengan intensitas normal dan tidak berlebihan. Naik turun tangga juga dapat membakar kalori hingga 178 kalori setiap 10 menit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.