Sukses

Polisi Jaga Ketat Ibadah Ramadan di Sambas

Polres Sambas, Kalimantan Barat menempatkan personelnya di sejumlah masjid di wilayah hukumnya.

Liputan6.com, Sambas - Polres Sambas, Kalimantan Barat menempatkan personelnya di sejumlah masjid di wilayah hukumnya dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman, bagi masyarakat Kabupaten Sambas yang melaksanakan ibadah selama Ramadan.

“Kegiatan penempatan personel di masjid antisipasi menghindari kejadian yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas,” ujar Kabag Ops Polres Sambas, Kompol Ayin Nurrohman saat dihubungi di Sambas dikutip Antara, Sabtu (11/5/2019)

Ia menjelaskan pengamanan di masjid di fokuskan saat masyarakat melakukan shalat Isya dan tarawih secara berjamaah.

"Ketika warga sedang beribadah shalat isya dan tarawih juga dilakukan pengamanan karena ada kerawanan juga di situ, khususnya masalah pencurian kendaraan bermotor dan juga pencurian pemberatan terhadap rumah yang ditinggalkan oleh warga yang melaksanakan tarawih. Ini biasanya yang dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab, atas kemungkinan terjadi kasus pencurian,” papar dia.

Selanjutnya sebut Ayin, untuk menciptakan Kamtibmas selama Ramadhan pihaknya juga melakukan antisipasi kegiatan remaja yang kebut-kebutan habis sahur. Antisipasi dilakukan dengan menggelar patroli.

"Pada saat belum waktunya masuk sekolah, mereka melakukan kegiatan yang mungkin seharusnya tidak dilaksanakan karena sifatnya melanggar aturan, yaitu kebut-kebutan atau balap liar. Kami dalam beberapa hari puasa ini sudah bisa kami antisipasi baik . Mudah-mudahan hingga sampai Ramadhan selesai, khususnya untuk adik-adik yang balap liar sudah tidak ada lagi," harap Ayin

Saat menjelang berbuka seperti di pusat pasar juadah atau penjualan kue untuk berbuka puasa, pihaknya juga hadir melakukan pengamanan.

"Pengamanan juga dilakukan di kegiatan pasar juadah. Di tempat keramaian tersebut terdapat petugas guna satu di antaranya mengatur arus lalu lintas. Sehingga tidak menimbulkan kemacetan serta memberikan rasa aman," sebut dia.

Ia mengajak masyarakat di Sambas untuk terus bersama menjaga Kamtibmas yang selama ini hadir dan terus hadir di Kabupaten Sambas saat Ramadan.

“Untuk menjaga Kamtibmas adalah tugas kita bersama bukan Polisi saja, namun kepedulian dan perhatian masyarakat dengan lingkungannya juga jauh lebih penting,” papar dia.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.