Sukses

Sambil Ngabuburit, Bersihkan Ban dengan Cara yang Benar

Liputan6.com, Jakarta - Beragam macan kegiatan ngabuburit bisa dilakukan selama bulan puasa. Salah satunya adalah mencuci motor kesayangan. Meski demikian, ada beberapa bagian motor yang tak bisa dicuci secara sembarangan, salah satunya ban.

Sebagai part yang kontak langsung dengan jalan, ban harus selalu diperhatikan dengan benar, terlebih saat membersihkannya. Hal mendasar yang dilarang ialah memberikan sabun langsung kepada permukaan ban.

Efek negatif saat sabun mengenai permukaan ban ialah membuatnya kaku dan keras. Hal itu tentu dapat mengurangi daya cengkeram ban saat digunakan di jalan, sehingga kemungkinan terjadi selip atau tergelincir akan lebih besar.

Selain itu, ban yang keras akan mudah tergerus aspal. Usia dari ban juga otomatis semakin pendek, bila biasanya bisa dipakai selama 1,5 tahun mungkin akan berumur kurang dari setahun.

1. Gunakan Air

Tentunya untuk membersihkan kotoran dari ban motor membutuhkan air. Hanya dengan air bersih, ban motor sudah bisa terjaga dari kotoran. Akan lebih baik jika pemilik kendaraan memiliki selang yang bisa mengatur tekanan dan daya semprot, sehingga kotoran – kotoran yang berada di sela – sela ulir ban yang sempit bisa terjamah dan bersih kembali.

Setelah mencuci dengan air, pemilik bisa mengeringkan ban secara manual dengan menggunakan lap. Jangan langsung ditaruh di bawah sinar matahari, karena hal ini akan membuat ban motor keras.

2 dari 3 halaman

2. Sikat Sampai Bersih

Selain menyiramkan air, menggunakan sikat juga diperbolehkan. Hal ini akan membantu menjangkau kotoran – kotoran dan kerikil kecil di sela – sela ulir ban motor.

3. Gunakan Minuman Bersoda

Caranya mudah, pemilik hanya cukup menguaskan minuman bersoda ke seluruh permukaan ban hingga nantinya kering dengan sendirinya. Hal ini bisa membuat ban motor kembali hitam seperti sedia kala.

4. Silicon Murni

Selain menggunakan minuman bersoda, pemilik bisa menggunakan silicon murni. Barang ini bisa didapatkan di toko perlengkapan bahan kimia.

Kalau menggunakan silicon, sudah pasti hasilnya akan lebih bagus, karena silicon akan memberikan kelembaban yang pas di ban motor sehingga ban motor akan berfungsi dengan baik.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Soal Rambut Nabi Muhammad SAW yang Dibawa Opick, MUI Angkat Bicara
Artikel Selanjutnya
Sahur dengan 4 Kreasi Roti Tawar