Sukses

Resep Es Gabus Tiga Rasa, Menu Nostalgia untuk Berbuka Puasa

Berbuka puasa dengan yang segar-segar seperti menyantap es gabus tiga rasa. Yuk, intip resepnya di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Berbuka puasa memang paling nikmat menyantap sajian yang dingin-dingin seperti es gabus tiga rasa. Es yang siap mengajak Anda bernostalgia ke masa kecil ini tentunya praktis dibuat.

Bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuat es gabus tiga rasa juga sangat mudah ditemukan. Sajian menyegarkan ini dapat dinikmati saat buka puasa bersama orang-orang terkasih.

Apa saja bahan-bahan dan langkah pembuatan sajian ini? Yuk, simak resep es gabus tiga rasa kreasi tim Masak.tv di bawah ini.

Bahan-bahan:

1 bungkus tepung hunkwe

350 g gula pasir

900 ml air

500 ml susu UHT putih

65 ml santan instan

1/4 sdt vanilla bubuk

1/4 sdt garam

Pasta rasa stroberi

Pasta rasa coklat

 

Bahan Pelengkap (opsional):

Cokelat tim

Meises warna warni

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Siapkan mangkuk. Campur tepung hunkwe, gula pasir, air, susu UHT putih, santan, vanilla bubuk, dan garam. Aduk rata.

2. Bagi adonan jadi tiga bagian sama rata. Mangkuk pertama diberi pasta coklat, mangkuk kedua diberi pasta stroberi dan terakhir dibiarkan sesuai warna aslinya.

3. Masak adonan satu per satu dengan api kecil sambil diaduk agar tidak lengket. Masak hingga adonan meletup-letup, mengental, dan berat. Matikan api. Lakukan hingga tiga adonan selesai.

4. Siapkan cetakan es loli.

5. Masukkan adonan rasa coklat terlebih dahulu sebagai lapisan pertama, lalu rasa vanila, dan terakhir rasa stroberi. Tancapkan stik es krim di bagian atasnya.

6. Diamkan adonan hingga set (padat) di suhu ruangan. Lalu masukkan ke dalam freezer. Diamkan hingga beku minimal lima jam.

7. Keluarkan es gabus dari cetakan es loli, jika sulit, dapat merendam bagian bawah cetakan dengan air hangat terlebih dahulu agar mudah terlepas.

8. Sajikan dengan lelehan coklat tim dan taburan meises warna warni. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.