Sukses

Syarat-Syarat Doa Dikabulkan Allah SWT

Allah menyukai hamba-hambanya yang suka berdoa. Namun, bagaimana doa itu dikabulkan, tergantung pada syarat-syaratnya.

Liputan6.com, Jakarta Allah berpesan kepada nabinya kalau hamba-hambamu bertanya tentang aku, aku dekat. Kuperkenankan doa yang berdoa, kalau memang dia berdoa.

Maka, Allah berfirman hendaklah mereka memperkenankan tuntunanku dan hendaklah mereka percaya penuh kepadaku. Agar mereka selalu dalam kebenaran. Karena itu, berdoalah dengan tulus bahkan merengeklah sambil memenuhi hati dengan optimisme bahwa doa Anda dikabulkan Allah

Allah menyukai hamba-hambanya yang suka berdoa. Namun, bagaimana doa itu dikabulkan, tergantung pada syarat-syaratnya. Allah punya hak penuh untuk mengabulkan atau mengijabah doa. Hal itu adalah takdir Allah.

Menurut Hadis Bukhari, Nabi pernah bersabda, “Kalau kalian berdoa, ikuti dengan keyakinan penuh bahwa Tuhan akan kabulkan. Karena Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.”

Nabi mengatakan, tidak ada seorang muslim yang berdoa, kecuali Allah pasti kabulkan. Namun, menurut Ustaz Khalid Basalamah dalam channel YouTuber bertajuk “3 Tahapan agar Doa Terkabul”, hal itu tergantung empat tahapan. Hal itu adalah:

1.     Ikhlas

2.     Tidak tergesa-gesa

3.     Tidak meminta yang haram

4.     Dia seorang muslim

Doa yang tidak tergesa-gesa adalah doa yang tidak bosan-bosannya diutarakan kepada Allah. Ustaz Khalid menyarankan berdoa dengan sabar dan terus berusaha sampai akhirnya Allah mengijabah doanya. Misalnya doa Nabi Zakaria meminta anak, padahal istrinya mandul. Allah akhirnya mengabulkan doanya setelah doa itu dipanjatkan selama 70 tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diijabahnya doa

Namun demikian, dalam berdoa, ada tiga hasil yang bisa didapat. Doa itu bisa Allah kabulkan begitu saja, kemudian Allah hindarkan musibah yang akan menimpa, serta Allah simpankan dalam bentuk pahala.

Ada riwayat, kata Nabi, ada beberapa orang kala hari kiamat nanti diberikan pahala bergunung-gunung. Orang-orang itu mengatakan, ini pahala doa-doa kalian yang belum pernah diijabah di dunia. Karena itu, dia menyarankan umat muslim agar tidak lelah berdoa. Berdoa adalah ibadah yang ada pahalanya.

Buku amal yang akan diterima setiap orang di hari perhitungan adalah seluas mata kita. The lauhul mahfuz menampung semuanya. Dari situ pahala doa-doa yang tidak diijabah dikumpulkan sampai orang-orang berharap mereka berdoa lebih banyak dan tidak dikabulkan agar panen pahala.

Keimanan adalah menyakini apa yang Allah dan Rasulnya telah sampaikan dengan mengucapkan dengan lisan, menyakini dengan hati, dan melakukannya dengan anggota tubuh.

Ada hikmah atau tidak ada tidak hikmah, tetap dijalani. Para sahabat bahkan selalu menengadahkan tangah untuk berdoa, bahkan hanya untuk persoalan sandal yang putus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.