Sukses

5 Mitos Saat Puasa yang Sering Bikin Tidak Percaya Diri, Kamu Perlu Tahu

Ada beberapa mitos saat puasa yang sering bikin tidak percaya diri.

Liputan6.com, Jakarta Mitos saat puasa ternyata bisa membuat tidak percaya diri. Kedatangan bulan Ramadan ini selalu disambut dengan gembira oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Pasalnya, saat bulan suci Ramadan tiba banyak sekali keutamaan yang bisa umat Muslim peroleh jika dijalankan. Mulai dari ibadah yang serba dilipatgandakan pahalanya, adanya tradisi unik di setiap daerah yang hanya dirasakan saat bulan Ramadan, dan tentu saja bisa menikmati hangatnya sahur serta buka puasa dengan orang terkasih.

Selain beberapa hal yang sangat khas di atas, di bulan Ramadan juga banyak hal-hal khas yang terjadi di tubuhmu. Ya, salah satunya adalah napas yang tidak sedap pada orang berpuasa dan masih banyak lagi kondisi tubuh yang dialami beberapa orang saat sedang berpuasa. Pasti kamu pernah mengalami kondisi tersebut dan mitos saat puasa lainnya.

Namun tak perlu khawatir, untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa mitos saat puasa yang sering membuatmu tidak percaya diri, Rabu (8/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bau mulut adalah masalah utama bagi seseorang yang menjalankan puasa

Salah satu mitos saat puasa yang membuat tidak percaya diri adalah bau mulut. Mulut kering disertai dengan napas yang kurang segar memang membuat orang yang sedang puasa menjadi kurang percaya diri saat ingin berinteraksi dengan orang lain.

Biasanya gejala panas dalam seperti ini semakin parah kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi pedas dan berminyak.

Namun kondisi ini masih bisa kamu atasi dengan mengurangi makanan yang pedas dan berminyak. Jangan lupa juga untuk menggosok gigi setiap sehabis sahur dan buka puasa.

3 dari 6 halaman

Bibir kering yang bikin tidak nyaman

Kekurangan cairan juga bisa membuat bibirmu menjadi kering dan tentunya menjadi tidak nyaman dengan kondisi ini. Solusi yang biasa dilakukan untuk mengembalikan kondisi agar kembali normal adalah dengan memperbanyak minum dan juga eksfoliasi bibir.

Memang, kekurangan asupan cairan saat sedang puasa bisa menjadi penyebab bibir kamu menjadi pecah-pecah. Untuk memenuhi kebutuhan cairan ini, kamu juga bisa melakukan eksfoliasi atau scrubbing bibir secara rutin 1 hingga 2 minggu sekali untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Kamu bisa menggunakan bahan alami seperti campuran madu dan gula.

4 dari 6 halaman

Kulit kering juga sering dialami orang yang sedang berpuasa

Saat puasa, bisa dikatakan kamu akan kekurangan asupan cairan. Hal ini juga membuat beberapa orang mengalami masalah kulit kering. Untuk mengatasi masalah ini saat sedang puasa, tidak mungkin kamu minum sebelum waktunya berbuka. Nah, untuk mengatasi masalah kondisi ini, kamu bisa menerapkan metode 2-4-2.

Di mana kamu harus minum 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air sepanjang malam, dan 2 gelas lagi saat sahur. Selain itu, kamu juga melengkapi asupan cairan dengan mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak air.

Buah-buah ini seperti semangka, nanas, jeruk, dan lain sebagainya. Kurangi juga kafein dan makanan yang telalu asin atau pedas.

5 dari 6 halaman

Menjadi lemas saat sedang berpuasa

Hal ini juga sangat sering dialami beberapa orang yang sedang menjalankan puasa, yaitu tubuh menjadi lemas. Ya, hal ini dikarenakan tubuh yang kurang mendapatkan asupan. Sehingga menjadi wajar kalau tubuh kamu menjadi lemas dan mudah lelah.

Namun hal ini tidak bisa sepenuhnya kamu jadikan alasan untuk tidak berpuasa. Meskipun sedang puasa, kamu tetap melakukan aktivitas seperti biasanya.

Nah, agar tubuh kamu tetap bersemangat sepanjang hari untuk melakukan aktivitas, kamu bisa melakukan olahraga ringan saat jam berbuka tiba. Misalnya, kamu bisa jogging, bersepeda, atau stretching tipis-tipis yang juga bisa membuat tubuh kamu menjadi lebih kuat menjalankan puasa.

6 dari 6 halaman

Atasi wajah yang lesu dengan memilih pakaian yang tepat

Ya, sudah menjadi satu paket. Kalau tubuh kamu lemas, wajah kamu juga otomatis akan tampak lebih lesu. Wajah yang tampak lesu terkadang membuat orang lain menjadi malas berinteraksi dengan kamu. Nah, untuk menyiasati hal ini caranya cukup mudah.

Kamu hanya perlu untuk lebih teliti memilih warna bajumu. Pilih pakaian dengan warna-warna cerah. Buat perempuan, kamu bisa menambahkan sedikit makeup yang menonjol seperti lipstik warna terang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini