Sukses

Sambil Ngabuburit, Lakukan 5 Hal Ini agar Skutik Tetap Awet

Beragam hal bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Anda bisa saja ngabuburit sambil mengecek skutik kesayangan.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam hal bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Anda bisa saja ngabuburit sambil mengecek skutik kesayangan. 

Jika hal kecil rutin dilakukan bukan tak mungkin memberikan dampak yang baik. Seperti dilansir dari laman Wahana Honda, berikut hal sederhana yang kerap diabaikan pemilik motor:

1. Mengecek Kondisi Bahan Bakar

Motor-motor saat ini mayoritas menggunakan injeksi untuk sistem asupan bahan bakar. Sedangkan bahan bakar adalah hal paling penting dari motor injeksi. Suplai bahan bakar yang kosong akan membuat injektor menjadi rentan rusak.

2. Memanaskan Mesin

Hal paling sederhana sebenarnya, tapi sering diabaikan. Padahal hanya butuh waktu 5 menit untuk membuat sepeda motor benar-benar siap dilakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Rutin Mengganti Oli

Mesin akan terasa halus dan tidak cepat panas dengan rutin mengganti oli. Pergantian oli sebaiknya dilakukan setelah motor menempuh jarak 2.000 kilometer. Mengganti oli juga sebaiknya jangan terlalu penuh, karena akan membuat kinerja mesin jadi tidak maksimal.

4. Perawatan Shockbreaker

Komponen ini kerap diabaikan. Padahal motor matik hanya punya single shockbreaker. Maka itu, perhatikan muatan ya. Jangan samakan shockbreaker motor matik dengan motor bebek.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Memeriksa V-Belt dan Roller

Komponen ini penting, karena punya peran menghubungkan mesin dengan roda. Jika V-Belt tidak prima bisa dirasakan secara langsung dengan menurunnya kemampuan laju motor. V-Belt punya batas usia pakai, sekitar 20.000 km sampai 25.000 km.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini