Sukses

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Rabu 8 Mei 2019 dan Beserta Doa-Doanya

Jadwal buka puasa hari ini Rabu 8 Mei 2019 di beberapa kota besar.

Liputan6.com, Jakarta Jadwal Buka Puasa Hari Ini Rabu 8 Mei 2019 sudah seharusnya kamu sebagai umat muslim ketahui. Dengan mengetahui jadwal berbuka puasa serta jadwal shalat wajib dapat membuat puasa Ramadan kamu lebih teratur.

Sedangkan Jadwal Buka Puasa Hari Ini Rabu 8 Mei 2019 berbeda di setiap daerah. Perbedaan pada jadwal buka puasa serta jadwal shalat di setiap daerah mengharuskan kamu untuk teliti dalam mencermati waktu berbuka. Jangan sampai puasa kamu menjadi batal atau tidak sah hanya karena berbuka di waktu yang tidak tepat.

Selama waktu berbuka di daerah tempat tinggalmu belum masuk, maka kamu harus mengabaikan tayangan televisi yang mengumumkan waktu berbuka untuk daerah- daerah di kota lain. Karena itulah, sangat penting untuk mengetahui jadwal berbuka puasa di tempat tinggalmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Kementerian Agama, Rabu (8/5/2019) tentang Jadwal Buka Puasa Hari Ini Rabu 8 Mei 2019

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Rabu 8 Mei 2019 di beberapa kota besar

Inilah Jadwal Buka Puasa Hari Ini Rabu 8 Mei 2019 di beberapa kota besar Indonesia:

Jakarta: 17.48 WIB

Bandung: 17.48 WIB

Surabaya: 17.23 WIB

Jogja: 17.32 WIB

Medan: 18.33 WIB

Palembang: 18.01 WIB

Solo: 17.31 WIB

Malang: 17.23 WIB

Pontianak: 17.46 WIB

Banjarmasin: 18.21 WITA

Denpasar: 18.12 WITA

Makassar: 17.59 WITA

Palu: 18.03 WITA

Ambon: 18.26 WIT

Jayapura: 17.37 WIT

3 dari 4 halaman

Doa Niat Puasa Ramadan

Berpuasa di bulan ramadan merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim. Kewajiban berpuasa di bulan ramadan ini tentunya membuat kamu harus serius dalam menjalankannya. Bagi kamu yang mungkin sudah lupa atau untuk anak anak yang baru mulai puasa pada tahun ini, bisa melihat niat puasa di bawah ini.

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan ramadan karena Allah Ta’ala.”

Pentingnya niat puasa ramadan bahkan bisa membuat puasa kamu tidak sah bila tidak berniat dari dalam hati. Kamu tidak harus mengucapkannya, berniat di dalam hati saja sudah cukup. Niat merupakan doa puasa ramadan yang harus kamu lakukan sebelum besoknya melakukan ibadah puasa. Kamu bisa berniat malam ketika selesai sholat tharawih maupun ketika selesai sahur sebelum imsak. Jadi kamu wajib menghafalkan niat berpuasa yang merupakan salah satu doa puasa ramadan ini.

 

4 dari 4 halaman

Doa Buka Puasa Ramadan

Ada dua versi doa puasa ramadan untuk berbuka puasa. Salah satunya mungkin yang sering kamu gunakan dan sering didengar di televisi saat datangnya waktu berbuka puasa.

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Doa satu ini yang telah umum didengarkan dan diajarkan kepada kamu di sekolah. Selain itu, kamu juga akan sering mendengarnya di televisi maupun di radio di waktu berbuka puasa. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak menghafalkan doa puasa ramadan satu ini. Ketika sudah masuk waktu berbuka puasa yang bertepatan dengan azan maghrib, kamu harus mengucapkan Alhamdulillah dan membaca doa berbuka puasa sebelum menyantap makanan maupun minuman yang tersedia. Walaupun kamu berada di tempat yang berbeda, dan memiliki waktu yang berbeda pula saat berbuka puasa, doa berbuka puasa tetap sama dan menjadi salah satu doa puasa ramadan yang sangat penting untuk dihafalkan.

Sedangkan doa berbuka puasa yang kedua bersumber dari salah satu hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Artinya: “Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.” (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud)

Kamu tidak harus mengucapkan kedua doa puasa ramadan tersebut saat akan berbuka puasa. Kamu hanya perlu melafadzkan salah satunya dan bisa langsung makan setelah itu. Tapi ingat, jangan makan terlalu berlebihan karena seharian belum makan. Makanlah secukupnya karena yang berlebihan itu selalu tidak baik.

Dengan mengenal doa doa yang harus diketahui selama bulan ramadan ini, kamu bisa melakukan ibadah puasa dengan lebih khusyuk dan baik. Semoga amal ibadah kita di bulan ramadan diterima oleh Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini