Sukses

8 Cara Mencegah Bibir Kering Saat Puasa, Mudah dan Praktis

Liputan6.com, Jakarta Bibir kering saat berpuasa tentunya sudah menjadi hal umum bagi setiap orang. Namun hal ini sering diabaikan walaupun bisa membuat kamu tidak nyaman berpuasa serta menjalani aktivitas sehari-hari.

Biasanya bibir kering saat puasa disebabkan oleh kurangnya cairan yang ada di dalam tubuh kamu. Oleh karena itu, kamu harus mememikirkan cara untuk merawat bibir kamu selama berpuasa dan mencegah terjadinya bibir kering tersebut.

Sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah bibir kering selama puasa. Cara ini juga mudah dan praktis sehingga dapat sekaligus mencegah bibir pecah pecah yang merupakan kelanjutan dari bibir kering.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/5/2019) tentang cara mencegah bibir kering saat puasa.

2 dari 5 halaman

Air Putih dan Madu

1. Minum Banyak Air Putih Saat Buka dan Sahur

Cara mencegah bibir kering yang pertama adalah dengan minum air putih. Kamu harus minum air putih yang banyak saat berbuka dan sahur. Dengan minum air putih ketika berbuka dan sahur akan membantu mencegah bibir kering terjadi pada siang hari ketika berpuasa. Kamu juga sebaiknya menghindari minuman manis di bulan puasa ini.

2. Oleskan Madu Sebelum Makan Sahur 

Madu memang terkenal sangat bagus untuk perawatan kulit. Menggunakan madu merupakan salah satu cara sederhana untuk mengatasi bibir kering saat puasa. Kamu bisa mengoleskan madu ke bibir sebelum makan sahur, sehingga bibir masih akan terasa lembap pada siang harinya.

Tapi kamu harus berhati-hati, jangan mengoleskan madu ke bibir di siang hari saat berpuasa, tentunya hal tersebut dapat membatalkan puasa kamu.

3 dari 5 halaman

Makan Sayur dan Buah Serta Jangan Menjilati Bibir

3. Makan Sayur dan Buah Saat Buka 

Makan sayur dan buah sudah tidak perlu dipertanyakan lagi dapat mencegah bibir kering saat puasa. Apalagi dengan kandungan vitamin C yang ada pada sayur dan buah tersebut akan sangat membantu dalam mencegah bibir kering pada siang hari saat berpuasa.

4. Jangan Menjilat Bibir

Menjilati bibir merupakan kebiasaan banyak orang ketika bibir kering. Hal ini disebabkan karena dengan menjilatinya, bibir akan kembali lembap. Namun ternyata hal tersebut salah.

Bibir hanya akan lembap untuk sementara dan akan lebih kering setelah itu bila kamu menjilatinya. Permukaan lidah yang kasar berperan dalam menghilangkan kelembapan bibir kamu. Sehingga bibir menjadi kering dan bisa mengakibatkan bibir pecah-pecah.

4 dari 5 halaman

Hindari Makan Pedas dan Asin Serta Gunakan Mentimun

5. Hindari Makan Pedas dan Asin

Makanan pedas dan asin dapat membuat bibirmu menjadi kering. Makanan pedas dan asin ini memang banyak disukai orang orang dengan kelezatannya. Namun, sebaiknya pada bulan puasa kamu menghindari makanan ini karena bisa menyebabkan bibir menjadi kering. Jadi jangan sampai makan makanan yang pedas dan asin ketika berbuka maupun ketika sahur.

6. Oleskan Mentimun Saat Buka dan Sahur 

Cara sederaha untuk mencegah bibir kering selanjutnya adalah menggunakan mentimun. Kamu bisa mengiris timun secukupnya lalu memasukkannya ke dalam air dingin. Lalu kamu dapat mengoleskannya ke bibir ketika berbuka puasa maupun saat sahur. Dengan cara ini, kamu bisa menghindari bibir kering dan pecah pecah saat berpuasa.

5 dari 5 halaman

Gunakan Lip Balm dan Hindari Lipstik

7. Gunakan Lip Balm

Menggunakan lip balm tentunya memang bertujuan untuk menjaga bibir tetap lembap. Hanya dengan mengoleskan lip balm di bibir, kamu bisa mengatasi bibir kering saat berpuasa. Namun kamu harus pastikan untuk menggunakan lip balm yang tidak ada rasa dan wanginya. Kamu juga harus hati-hati dalam pemakaian lip balm ini agar tidak membatalkan puasa.

8. Kurangi Penggunaan Lipstik

Penggunaan lipstick juga dapat mengakibatkan bibir kering. Hindarilah terlalu sering mengguakan lipstik di bulan puasa agar bibir tidak kering. Kamu bisa mengganti lipstik dengan lip balm berwarna bila memang harus menggunakannya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jenis Sedekah yang Disukai Allah, Apakah Itu?
Artikel Selanjutnya
Mau Kirim Sepeda Motor ke Kampung Halaman, Perhatikan Syaratnya