Sukses

Doa Anjuran Rasul Jika Sulit Tidur dan Insomnia

Sulit tidur atau insomnia dapat menjadi permasalahan serius

Liputan6.com, Jakarta - Sulit tidur atau insomnia dapat menjadi permasalahan serius. Ada beberapa doa yang dapat diamalkan bagi Anda yang tengah mengalami insomnia agar bisa segera cepat tidur.

Salah satu doa yang diamalkan oleh Zaid bin Tsabit ketika mengalami sulit tidur tertulis dalam Kitab Ibnu Sunni yang dikutip oleh Imam Nawawi dengan kalimat.

" Lalu saya membacanya, kemudian Allah menghilangkan apa yang saya alami" .

" ALLAHUMMA GHARATIN NUJUM WA HADAATIL ‘UYUN, WA ANTA HAYYUN QAYYUM, LA TAKKHUZUKA SINATUN WALA NAUMUN. YA HAYYU YA QAYYUM, AHDI’ LAILI WA ANIM ‘AINI"

(Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata telah memejam dan Engkau Maha Hidup lagi Maha Terus-menerus mengurus makhluk. Tidak menimpa-Mu rasa kantuk dan tidur. Wahai Dzat Yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa lainnya

Sahabat Rasulullah SAW lainnya yang mengalami insomnia atau susah tidur yakni Khalid bin Walid. Diriwayatkan oleh Muhammad bin Yahya bin Haban, Khalid mengadukan masalahnya pada Rasulullah SAW yang kemudian menganjurkannya membaca:

" A'UUDZU BIKALIMAATILLAHIT TAAMMAATI MIN GHODLOBIHI WA MIN SYARRI 'IBAADIHI WA MIN HAMAZAATISY SYAYAATIINA WA AYYAHDLURUUN"

(Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari keburukan hamba-hamba-Nya, serta dari berbagai godaan syetan dan kehadirannya).

Semoga dengan mengamalkan doa anjuran Rasulullah SAW, kita dapat tidur dengan nyenyak dan terhindar dari insomnia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.