Sukses

Kota di Inggris Ini Menggelar Salat Id Terbesar di Eropa

Untuk pertama kalinya, salah satu kota di Inggris menggelar agenda Salat Id terbesar di Eropa.

Liputan6.com, Birmingham - Hari Raya Idul Fitri menjadi salah satu momen sangat spesial bagi umat muslim di Inggris, di mana salah satu kota terbesar di Negeri Elizabeth II menjadi tuan rumah perayaan lebaran terbesar di Eropa.

Birmingham, kota terbesar di wilayah Wales, menandai akhir bulan suci Ramadan dengan menggelar salat ied yang diikuti oleh lebih dari 140.000 jamaah.

Dikutip dari Daily Mail pada Minggu (17/6/2018), jumlah jamaah tersebut menjadikan salat ied di Birmingham itu sebagai agenda perayaan lebaran terbesar, yang pernah digelar di Eropa.

Mengambil tempat di Little Heath Park, agenda salat ied pada perayaan lebaran 1439 Hijriah tersebut merupakan yang ketujuh kalinya dilaksanakan di kota Birmingham.

Dewan pembina umat Islam setempat mengatakan bahwa jumlah jamaah yang mengikuti salat ied massal di Birmingham cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

Disebutkan bahwa tahun lalu, total jamaah yang berpartispasi dalam ibadah salat ied di Birmingham mencapai sekitar 106.000 orang. Mereka tidak hanya berasal dari dalam kota, melainkan juga beberapa area di sekitarnya, dan bahkan ada pula komunitas muslim yang sengaja datang dari London dan Manchester.

Sama seperti kebanyakan umat Islam lainnya di dunia, Lebaran dirayakan selama tiga hari di Inggris. Banyak umat muslim di sana mengisinya dengan ajang silahturahmi, berkumpul bersama menikmati aneka sajian khas Hari Raya, dan masih banyak lainnya.

Khusus di Birmingham, dalam perayaan lebaran beberapa tahun terakhir, komunitas muslim setempat juga mengadakan semacam bazar kecil yang terbuka untuk umum.

Selain aneka makanan halal, bazar tersebut juga terkadang menjual kerajinan tangan, buku-buku Islami, dan beberapa kebutuhan umat muslim.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penetapan Berbeda

Sementara itu, Hari Raya Idul Fitri adalah salah satu dari hanya dua festival besar umat Islam, di mana para muslim mengadakan ibadah dalam skala massal, sekaligus meningkatkan pahala dengan saling membantu terhadap sesama.

Perayaan Idul Fitri juga menandai berakhirnya bulan suci Ramadan, ketika selama sebulan sebelumnya, umat Muslim menjalankan ibadah puasa, menahan lapar dan haus, hawa nafsu, dan lain sebagainya.

Sama dengan mayoritas umat Islam di dunia, perayaan Lebaran di Birmingham kali ini jatuh pada tanggal 15 Juni 2018.

Ada beberapa negara yang menetapkan Hari Raya Idul Fitri sehari setelahnya, yakni pada Sabtu, 16 Juni 2018.

Hal ini dikarenakan beberapa wilayah terlambat melihat datangnya bulan baru karena beberapa alasan, seperti faktor cuaca misalnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.