Sukses

Maryam Durrani, Muslimah AS yang Sukses Jadi Penulis Muda

Maryam Durrani adalah seorang remaja AS dengan imajinasi luar biasa dan senang bercerita tentang ruang bawah tanah, ular naga, kerajaan dan anak perempuan.

Liputan6.com, Washington, D.C - Di usia 13 tahun, remaja bernama Maryam Durrani menulis buku pertamanya. Karya tersebut sukses menjadikannya salah satu penulis termuda di AS.

Remaja cerdas berhijab ini juga melawan stereotipe yang pada umumnya terkait dengan Muslim dan anak perempuan.

Maryam Durrani adalah seorang remaja AS dengan imajinasi luar biasa dan senang bercerita tentang ruang bawah tanah, ular naga, kerajaan dan anak perempuan.

Setelah menulis buku pertamanya pada usia 13 tahun, Durrani menemukan sebuah situs bernama wattpad.com, di mana dia bisa mengunggah cerita dan mendapatkan masukan dari para pembaca.

"Salah satu tulisan saya dibaca setengah juta kali. Orang-orang masih membacanya. Saya bisa melihat tanggapan mereka atas karya saya."

"Suatu hari seseorang menghubungi saya dan bertanya apakah mereka boleh menulis ulang dan mengedit buku saya dan menerbitkannya untuk seseorang sebagai hadiah. Dan saya pikir, tunggu… itu ide yang bagus! Kenapa saya tidak melakukannya? Kenapa tidak saya menjual buku saya sendiri?," tutur Maryam Durrani.

Kini, penulis muda AS itu telah sukses.

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sukses Berkat Orangtua

Durrani, kini berusia 18 tahun. Ia mengatakan keberhasilannya menulis tidak lepas dari peran orangtuanya. Sang ayah, Irfan Durrani, membantu menerbitkan buku-bukunya. Sementara ibunya, Zainab Durrani, menyemangatinya untuk membuat karya literatur.

"Maryam selalu menyukai buku. Saya ingat ketika dia berusia tiga tahun, setiap kali dia sedang marah, satu-satunya cara untuk menghiburnya adalah dengan membacakan buku untuknya. Dan saya tahu dari ekspresi wajahnya bahwa dia bisa terbuai dalam dunia imajinasinya," ujar Zainab.

Tapi remaja itu bosan dengan buku-buku dengan jalan cerita tradisional, di mana seringkali tokoh laki-laki yang jadi pahlawan. Karena itu dia memutuskan untuk mengubahnya, dengan menciptakan tokoh-tokoh yang akan menarik perhatian anak-anak perempuan.

"Saya ingin menulis mengenai seseorang yang bisa dijadikan idola. Dari situlah muncul gagasan untuk menciptakan seorang tokoh utama perempuan. Dia seorang ksatria. Dia bisa melakukan apa saja yang diinginkannya. Dan dia kuat! Saya ingin menulis tentang seorang idola bagi saya dan anak-anak perempuan lainnya," imbuh Maryam.

Orangtuanya sangat bangga dengan prestasi Maryam sebagai penulis, tapi yang lebih membanggakan adalah putrinya telah menjadi idola bagi banyak anak perempuan – termasuk mereka yang mengenakan hijab seperti Maryam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.