Sukses

5 Tips Jaga Tubuh Tetap Bugar di Hari Raya Idul Fitri 1439 H

Rayakan hari kemenangan di Hari Raya Idul Fitri 1439 H, ada cara dari ahli gizi agar Anda tetap sehat, bugar, dan energik.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai hidangan lezat tersaji saat Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Anda pun ingin menikmati beberapa makanan yang tersaji. Adanya godaan makanan tersebut dapat membuat Anda makan berlebihan dan tidak terkontrol.

Selama puasa Ramadan, tubuh menyesuaikan diri dengan waktu jadwal puasa yang panjang. Konsumsi makanan yang berlebihan saat Lebaran 2018 tiba akan memengaruhi tubuh.

Anda bisa saja mengalami gangguan pencernaan, seperti kembung. Apalagi makanan berkalori tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, sepanjang merayakan Idul Fitri, Anda sebaiknya menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Ada beberapa tips menjaga tubuh sehat di Hari Raya dari Huda Shaikh, ahli gizi asal Mumbai, India, dilansir dari laman NDTV, Kamis (14/6/2018).

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalan kaki atau olahraga

Jalan kaki atau berolahraga membuat Anda merasa segar, rileks, dan bahagia. Aktivitas ini memengaruhi suasana hati Anda dan membantu mengontrol nafsu makan. Selain itu, Anda akan terjaga dari serangan penyakit sehingga tubuh lebih energik.

Makan sayuran terlebih dahulu

Cara terbaik mengendalikan dan mengurangi nafsu makan adalah makan sayuran terlebih dahulu. Sayuran mengandung nutrisi dan serat yang akan membuat Anda merasa kenyang.

Anda dapat mengonsumsi lebih sedikit kalori. Mulailah makan semangkuk salad atau tumis sayuran.

3 dari 4 halaman

Latihan kontrol porsi

Mengontrol porsi makan termasuk hal penting saat Anda sedang halal bihalal. Anda bisa menolak secara sopan bila ditawari tambahan makanan.

Jaga kontrol porsi bisa dilakukan dengan makan lebih sedikit sambil mengobrol. Anda lebih berkonsentrasi pada obrolan dan secara tidak langsung tidak mengonsumsi makanan lainnya.

Hindari minuman soda

Meskipun minuman soda jadi ide yang bagus, tapi minuman tersebut mengandung banyak gula dan tidak bermanfaat bagi tubuh Anda. Anda bisa minum lainnya, yang tak mengandung soda, seperti jus buah.

4 dari 4 halaman

Ketika kenyang, segera berhenti makan

Memuaskan rasa lapar dan tidak berlebihan makan menjadi hal utama yang dikontrol. Ketika Anda sudah kenyang, maka itu adalah isyarat menuju penutupan (berhenti makan, selesai makan).

Ketika perut tidak lagi siap untuk menampung makanan, perut akan mengirimkan sinyal ke otak Anda sehingga Anda tidak lagi makan.

Jika sudah kenyang, maka sebaiknya berhenti makan. Serupa saat Anda makan di restoran atau kafe, setelah merasa sangat kenyang, tinggalkan meja. Jangan berlama-lama di meja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.