Sukses

Jalani 10 Hari Terakhir Ramadan Dengan Beriktikaf, Berikut Pengertiannya

Jakarta Selama Ramadan bukan hanya sholat dan puasa saja yang dapat anda amalkan agar mendapat pengampunan-Nya serta berkah dan pahala. Manfaatkan 10 hari di akhir bulan Ramadan dengan sebaik mungkin. Rosul pun telah menyontohkan kepada umatnya untuk berdiam diri di dalam masjid sambil mengerjakan sholat, membaca Al-quran dan mengerjakan amalan lain atau bisa disebut beriktikaf.

Jika menurut bahasa, iktikaf berasal dari kata 'akafa yang bermakna 'memenjarakan'. Sedangkan secara istilah fikih, iktikaf artinya 'berdiam di dalam masjid dengan tata cara tertentu dan disertai niat.'

Adapun yang perlu anda lakukan saat iktikaf adalah mengucapkan niat, yaitu:

 

Nawaitu an iktikafa fi hadzal masjidi sunnatal lillaahi ta’alaa 

Yang artinya; saya niat berdiam diri di dalam masjid, sunnah karena Allah ta’ala.

Iktikaf adalah salah satu ibadah yang dianjurkan di setiap waktu di bulan Ramadan. Umumnya, iktikaf dilakukan di masjid, tujuannya adalah agar ibadah lebih khusyuk, lebih mendekatkan diri ke Allah swt, meski pengertiannya sendiri adalah berdiam diri menetap dalam sesuatu. Yang membedakan berdiam diri di masjid dengan iktikaf adalah niatnya. Jadi, sembari menunggu salat sunah maupun wajib ada baiknya anda mengucapkan niat iktikaf untuk mendapatkan berkah yang melimpah.

Rukun Iktikaf

Sebelum menjalankan iktikaf ada baiknya anda mengetahui rukun iktikaf. Iktikaf memiliki sedikitnya empat rukun yang harus terpenuhi, yaitu:

1. Orang yang beritikaf diharuskan seorang Muslim, berakal, baligh, suci dari janabah, tidak haid atau nifas bagi wanita.

2. Berniat itikaf. Niat berfungsi menegaskan ibadah apa yang akan dilakukan. Selain itu, niat juga menegaskan hukum itikaf sendiri.

3. Tempat itikaf. Ulama sepakat tempat yang digunakan untuk itikaf adalah masjid. Selain itu, itikaf tidak sah.

4. Menetap di masjid. Ada banyak amalan yang dapat anda lakukan selama Ramadan. Mari jadikan ramadan tahun ini semakin baik dan lebih baik dari tahun sebelumnya. Jadi, sudah siapkah anda untuk beriktikaf di masjid?

Sumber: Vemale

Reporter: Ayu Puji Lestari