Sukses

Mudik Lebaran: Waspada 5 Titik berpotensi terjadi macet panjang selama mudik Lebaran 2018

Menjelang ramainya arus mudik lebaran, telah diprediksi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bahwa puncak arus mudik Angkutan Lebaran Tahun 2018 akan terjadi pada Jumat (8/6) hingga Sabtu (9/6) akhir pekan ini.

Jakarta Menjelang ramainya arus mudik lebaran, telah diprediksi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bahwa puncak arus mudik Angkutan Lebaran Tahun 2018 akan terjadi pada Jumat (8/6) hingga Sabtu (9/6) akhir pekan ini.

Berdasarkan hasil analisis evaluasi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang angkutan umum dan penggunaan kendaraan pribadi. Tingginya pengguna jalur darat membuat potensi macet tak bisa diabaikan. Macet panjang tentu membuat perjalanan mudik menjadi tidak nyaman.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko, menyebutkan demi mengantisipasi kemacetan panjang, KSP telah menyediakan informasi terkait lalu lintas mudik pada situs infomudik.co.id. Website tersebut, menurutnya, berisi banyak kumpulan informasi dari pemerintah dan pihak-pihak terkait.

Sebagai persiapan mudik, ada baiknya diperhatikan sejumlah titik yang berpotensi terjadi kemacetan yang diprediksi oleh pemerintah. Hal ini sebagai langkah antisipasi untuk mencari jalur alternatif atau mempersiapkan fisik jika tidak ada pilihan lain. Berikut merdeka.com akan merangkumnya untuk pembaca.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Waspada 5 Titik berpotensi terjadi macet panjang selama mudik Lebaran 2018

1. Titik-titik kemacetan di tol Cikampek

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, ada beberapa titik kemacetan akan terjadi di Tol Cikampek, pada arus mudik lebaran 2018. Salah satunya adalah rest area.

"Lokasi yang jadi atensi kita itu di Cikampek. Jadi diperkirakan akan ada arah terbesar di sana (kemacetan). Itu di kilometer 10, 19 dan 39. Kilometer 10 karena pertemuan arus Cawang-Cikunir. Kemudian kilometer 19 ada rest area. Kilometer 29 ada gate Cikarang Utama," katanya.

Kepala Bagian Operasional Korps Lalu Lintas Polri, Kombes Benjamin, mengatakan kemacetan diprediksi akan terjadi di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Apalagi terdapat proyek pembangunan infrastruktur di jalur tersebut sehingga menimbulkan penyempitan jalan.

"Walaupun nanti pada waktu operasi atau jelang arus mudik itu dihentikan pengerjaannya, tapi diprediksi masih ada kemacetan di KM 10, 19, 30, 33, sampai 47," ujar Benyamin.

3 dari 6 halaman

Waspada 5 Titik berpotensi terjadi macet panjang selama mudik Lebaran 2018

2. Titik kemacetan di pintu tol

Kemacetan juga diprediksi terjadi di pintu Tol Cikarang Utama dan pintu Tol Palimanan. Menurut Kepala Bagian Operasional Korps Lalu Lintas Polri, Kombes Benjamin, kemacetan di gate Tol Palimanan terjadi lantaran gerbang itu juga dijadikan pintu keluar kendaraan dari arah Jakarta.

"Tergantung operasional gate-nya nanti, ada berapa gerbang yang akan dibuka. Tapi itu pun mempertimbangkan kondisi yang di timur. Yang di Jawa Tengah siap nampung atau nggak, karena jangan sampai dilepas nanti di Jateng macet," dia menjelaskan.

Kemacetan juga diperkirakan terjadi di Gate Kertasari yang ada di Tol Pejagan-Pemalang. Gate Kertasari merupakan gardu pembayaran terakhir setelah Brebes Timur atau Brexit.

"Kemudian di Manyaran (Krapyak), Semarang. Ini bisa terjadi kemacetan karena nanti arus yang dari arah (tol) fungsional kan deras. Itu titik rawan macetnya," ucap Benyamin.

4 dari 6 halaman

Waspada 5 Titik berpotensi terjadi macet panjang selama mudik Lebaran 2018

3. Titik kemacetan di jalur arteri

Kepala Bagian Operasional Korps Lalu Lintas Polri, Kombes Benjamin, mengatakan kemacetan juga diprediksi terjadi di beberapa titik jalan arteri atau di luar ruas tol. Seperti di kawasan Pasar Tonjong dan Pasar Karangsawah, Brebes, Jawa Tengah. Apalagi di sekitar Pasar Karangsawah tengah dibangun underpass.

"Kalau di Jawa Barat yang jalur selatan, titik rawan macet ada di Simpang Gentong," katanya.

5 dari 6 halaman

Waspada 5 Titik berpotensi terjadi macet panjang selama mudik Lebaran 2018

4. Jembatan Kali Kuto tol Batang-Semarang

Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko, menyebutkan Jembatan Kali Kuto di ruas Tol Batang-Semarang menjadi salah satu potensi titik kemacetan selama arus mudik 2018. Sebab, diperkirakan jembatan tersebut baru bisa dilewati pada H-2 Lebaran.

"Nantinya kan mereka (pemudik) keluar sedikit (ke Gringsing) sejauh kurang lebih 500 meter, dan masuk lagi ke tol. Itu bisa jadi akan terjadi kemacetan," urainya.

6 dari 6 halaman

Waspada 5 Titik berpotensi terjadi macet panjang selama mudik Lebaran 2018

5. Titik macet lainnya

Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko, menyebutkan persimpangan Pantura-Pansela perlu diwaspadai lantaran membuka kemungkinan adanya pemudik yang mendadak beralih dari jalur Utara ke Selatan.

"Persimpangan Pantura dan Pansela, itu harus diperhatikan. Soalnya kalau diabaikan bisa menimbulkan macet," ujar dia.

Titik macet berikutnya, lanjut Moeldoko, ialah persambungan jalan tol antara yang sudah berjalan operasional dan yang masih fungsional. Seperti diketahui, beberapa ruas tol seperti Batang-Semarang akan dijalankan secara fungsional, di mana pada sisi ujungnya yaitu Simpang Susun Krapyak akan tersambung dengan Tol Sesi A, B, C Semarang atau tol dalam kota.

Sumber: Merdeka

Reporter: Harwanto Bimo Pratomo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.