Sukses

Tips agar Tenang Tinggalkan Rumah Kos Saat Mudik

Lebaran sebentar lagi tiba. Tradisi mudik ke kampung halaman pun akan dilakukan. Ini tips bagi kamu yang akan meninggalkan rumah kos saat mudik.

Jakarta Mudik saat Lebaran merupakan tradisi yang ditunggu-tunggu sejumlah orang yang tinggal jauh dari keluarganya. Sebentar lagi Ibu kota dan kota-kota besar lain akan tampak sepi dan lengang karena ditinggal mudik penghuninya. Namun, jangan lupa untuk tetap perhatikan keselamatan sepanjang perjalanan dan keamanan rumah saat ditinggal mudik.

Bagi yang hendak mudik, selain tiket kendaraan menuju kampung halaman, apa sajakah yang sudah disiapkan? Segala persiapan mudik harus disiapkan dengan matang. Mulai dari keamanan berkendara, keamanan rumah yang ditinggal mudik, hingga kenyamanan selama mudik.

Untuk Anda yang kebetulan sedang di luar kota dan tinggal di kos atau kontrakan, penting untuk menjaga keamanan rumah. Berikut adalah tips agar rumah kos aman saat ditinggal mudik.

1. Matikan Aliran Listrik dan Kompor

Penting untuk mematikan aliran listrik dan kompor. Mematikan keduanya saat Anda meninggalkan kos akan mengurangi risiko kebakaran atau hal berbahaya lainnya.

2. Bersihkan Tempat Tidur

Lepas sprei, sarung bantal, dan sarung guling. Bersihkan tempat tidur selama Anda pulang kampung atau mudik. Selain bisa membuat suasana kamar tetap bersih saat kembali, ini juga meminimalisasi bersarangnya kecoak, laba-laba atau nyamuk di dalam kamar. Masukkan boneka dan benda-benda yang gampang berdebu ke dalam plastik agar kamar semakin bersih.

3. Rapikan Kamar Kos/Kontrakan

Usahakan untuk merapikan setiap benda yang ada di kamar kos/kontrakan. Kerapian ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman saat kembali dan tidak harus bersih-bersih dua kali setelah mudik. Buang juga sampah atau benda-benda yang tidak diperlukan. Selain harus rapi, penting untuk membuat kos/kontrakan bersih dan wangi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Kosongkan Bak Kamar Mandi

Pastikan untuk mengosongkan bak atau ember di kamar mandi. Ini akan bantu mengurangi perkembangbiakan nyamuk. Ini juga akan membuat kamar mandi senantiasa bersih meski ditinggal dalam waktu cukup lama.

5. Kunci Almari dan Amankan Barang-Barang Berharga

Amankan segala macam barang berharga yang ada di kos/kontrakan. Anda juga wajib mengunci almari atau ruang penyimpanan lainnya. Kunci juga pintu, jendela dan apa pun yang menjadi akses untuk masuk ke dalam kos/kontrakan.

6. Titipkan Kos/Kontrakan Pada Orang Tepercaya

Selama Anda pulang untuk mudik, disarankan agar Anda meminta tetangga kos atau warga sekitar untuk selalu mengawasi tempat kos yang anda tinggal pulang. Tapi ingat, mintalah pengawasan dari orang-orang yang tepercaya dan bisa mempertanggungjawabkan jika ada apa-apa selama kamu mudik.

 

Itulah beberapa tips menjaga tempat kos/kontrakan senantiasa aman selama ditinggal mudik. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat menikmati liburan juga waktu mudik yang panjang.

Sumber: Vemale

Reporter: Rohmitriasih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.