Sukses

Jangan Khawatir, Layanan Samsat Sulsel Tetap Buka Saat Cuti Bersama Idul Fitri

Potensi pendapatan Sulsel yang hilang selama masa cuti bersama Idul Fitri bisa lebih dari Rp 40 miliar.

Liputan6.com, Makassar - Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan akan tetap membuka pelayanan pada hari cuti bersama Idul Fitri mendatang.

"Kita akan tetap membuka pelayanan pada 11 dan 12 Juni mendatang, dan kemungkinan besar juga pada 19 dan 20 Juni," kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel Tautoto Tanaranggina di Makassar, Rabu, 30 Mei 2018, dilansir Antara.

Pada libur nasional, Jumat, 1 Juni 2018 mendatang, pihaknya juga tetap membuka pelayanan hingga pukul 14.00 Wita. Untuk pelayanan Samsat Unggulan, seperti Samsat Keliling, Gerai Samsat, dan Kedai Samsat, kata dia, juga tetap melayani pada Sabtu dan Minggu.

Pelayanan pada hari-hari libur ini, lanjutnya, dimaksudkan untuk memfasilitasi masyarakat yang tidak sempat membayar kewajibannya pada hari kerja.

"Ini juga, untuk menghindari pengenaan denda pajak bagi masyarakat yang pembayaran pajaknya jatuh tempo bertepatan dengan hari libur," katanya.

Selain itu, menurut Tautoto, hal itu juga untuk mendukung pencapaian target pendapatan Bapenda Sulsel.

Dengan rata-rata pendapatan harian Samsat se-Sulsel sekitar Rp 4 miliar, jumlah hari libur yang total mencapai 14 hari selama Mei-Juni menyebabkan hilangnya potensi pendapatan lebih dari Rp 40 miliar yang harus dikejar Samsat.

Tahun ini, Bapenda Sulsel ditarget mampu memungut pajak Rp 3,5 triliun lebih atau sekitar 37 persen dari APBD Sulsel yang mencapai Rp 9,4 triliun.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.