Sukses

Tips Saat Puasa agar Tetap Fit Beraktivitas Walau Menahan Lapar

Saat diawal menjalankan ibadah puasa, tubuh masih membutuhkkan penyesuaian atas berpindahnya jam makan tersebut. Meskipun demikian, puasa tidak membawa dampak buruk bagi tubuh, melainkan puasa membawa dampak yang baik.

Jakarta Saat di awal menjalankan ibadah puasa, tubuh masih membutuhkkan penyesuaian atas berpindahnya jam makan tersebut. Meskipun demikian, puasa tidak membawa dampak buruk bagi tubuh, tetapi puasa membuat organ-organ dalam tubuh beristirahat dan membuatnya menjadi dapat terregenerasi secara alami dengan baik, karena organ tubuh pun butuh diistirahatkan untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Saat berpuasa inilah menjadi saat yang tepat bagi tubuh untuk mengganti sel-sel yang lama dengan yang baru. Dengan begitu, solusi untuk menghadapi rasa lapar yang menyerang tiba-tiba tersebut harus dihadapi dengan sabar dan ikhlas.

Pukul 10-11 siang merupakan titik lapar orang berpuasa. Tubuh pun mulai terasa lemas dan susah fokus. Pada jam-jam ini banyak orang yang mulai memikirkan menu berbuka dan tak fokus bekerja. Namun, uniknya di jam 12-1 siang, tubuh jadi segar kembali. Ini ternyata karena tubuh mengubah mode pembakaran dari sebelumnya asupan energi diperoleh dari pembakaran glukosa makanan atau minuman manis yang dikonsumsi saat sahur menjadi mode pembakaran lemak dari makanan utama yang disantap saat sahur.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa lemas yang menyerang di jam 10-11 pagi tersebut? Agar tubuhmu tetap fit sepanjang hari dapat siasati dengan memperbanyak makanan berserat dan berkabohidrat saat sahur agar pembakaran energi berlangsung lambat. Sebisa mungkin kurangi terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis karena pembakaran energi dari glukosa berlangsung singkat dan cepat membuat lapar kembali.

Cara mengontrol hal ini adalah dengan mengatur pola makan. Sangat mudah, bukan? Semoga bermanfaat dan Anda dapat menjalankan puasa dengan lancar

Sumber: Vemale

Reporter: Ivana Okta Riyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini