Sukses

Menlu RI: Ramadan Momentum Tebarkan Toleransi untuk Kemanusiaan

Menlu RI mengajak seluruh tamu untuk memanfaatkan bulan Ramadan untuk melakukan aksi nyata bagi kemanusiaan dan mempromosikan toleransi.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka bulan suci Ramadan 1439 H, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyelenggarakan acara buka puasa bersama (Pejambon Ifthar) di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri, Senin 28 Mei 2018.

Pejambon Ifthar 2018 dihadiri oleh 246 tamu undangan yang terdiri dari Duta Besar dan Korps Diplomatik negara-negara sahabat, keluarga Proklamator RI, anggota Komisi I DPR RI, mantan Menteri Luar Negeri, pimpinan media massa, tokoh agama dan masyarakat, akademisi dan pimpinan lembaga riset.

Dikutip dari laman Kemlu.go.id, Rabu (30/5/2018), dalam sambutannya Menlu RI menyampaikan rasa senangnya dapat berbagi kebersamaan dan persahabatan di bulan Ramadan ini.

"Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, dan disambut dengan gembira oleh umat muslim di berbagai belahan dunia," ujar Menlu Retno.

Menlu RI mengajak seluruh tamu untuk memanfaatkan bulan Ramadan untuk melakukan aksi nyata bagi kemanusiaan dan mempromosikan toleransi.

"Ramadan adalah momen promosikan persaudaraan dan merawat toleransi. Peluang untuk menguatkan kembali upaya bersama menuju perdamaian, keadilan dan kesejahteraan," lanjut Menlu Retno.

Menlu juga menyampaikan bahwa dalam upaya memberikan kontribusi yang nyata bagi perdamaian dunia, Indonesia akan mengikuti pemilihan untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. "Dengan dukungan negara-negara sahabat, Insya Allah akan dapat berhasil," tutur Menlu​ Retno.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ceramah Kultum oleh Alwi Shihab

Pejambon Ifthar juga diisi ceramah kultum oleh Alwi Shihab, mantan Menteri Luar Negeri yang sekarang menjabat sebagai Utusan Khusus Presiden RI untuk Timur Tengah dan OKI.

Dalam ceramahnya, Alwi Shihab menjelaskan antara lain mengenai perintah berpuasa Ramadan dalam Alquran, serta tiga tujuan utama dalam berpuasa, yakni untuk meningkatkan ketaqwaan, meningkatkan rasa syukur, dan menjadikan kita sebagai manusia yang lebih baik.

Sembari menikmati makanan buka puasa dan santap makan malam, para tamu Pejambon Ifthar dihibur dengan iringan lagu-lagu bernuansa islami yang dibawakan oleh Nina Tamam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.