Sukses

Buruh Gendong di Pasar Beringharjo Ngabuburit Belajar Baca Alquran

Mereka belajar membaca Alquran, termasuk mengenal satu per satu huruf-huruf hijaiyah di salah satu blok dalam Pasar Beringharjo.

Fokus, Yogyakarta - Para buruh gendong di Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, punya cara tersendiri untuk ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa tiba. Mereka belajar membaca Alquran, termasuk mengenal satu per satu huruf-huruf hijaiyah di salah satu blok dalam Pasar Beringharjo.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (29/5/2018), suasana berbeda tampak di area Blok F2 Pasar Beringharjo pada Bulan Ramadhan ini. Belasan bahkan puluhan buruh gendong pasar yang kebanyakan telah lanjut usia tampak tekun belajar membaca Alquran.

Begitu tiba di lokasi, para buruh gendong ini langsung menuju tumpukan Alquran dan buku Iqra di sudut dan mengambil buku sesuai penguasaan mereka dalam hal membaca Alquran. Meski lelah setelah bekerja menjadi buruh gendong sejak pagi, namun mereka tampak bersemangat mempelajari cara membaca Alquran. Tak jarang suara keras terlontar saat mereka mengeja satu per satu huruf hijaiyah di buku iqra.

"Saya ingin sekali tahu dan belajar Alquran dan juga ingin tahu gimana cara bacanya," kata peserta buruh gendong Rubinem.

Malu karena masih belajar saat berusia lanjut tampaknya juga tak ada dalam benak para peserta.

Guna memantau perkembangan kemampuan para buruh gendong ini, setiap peserta kegiatan ini diberi kartu prestasi yang diisi setiap kali mereka berhasil melampaui satu tingkatan pelajaran membaca Alquran.

Para buruh gendong berharap, usai Ramadhan nanti kemampuan membaca dan pemahaman mereka terhadap Alquran menjadi semakin baik dan meningkat.