Sukses

Bekerja Bukan Halangan untuk Malas Puasa Ramadan

Saat Ramadan, bukan hanya puasa, salat dan ibadah, serta bekerja juga mendatangkan pahala.

Jakarta - Saat Ramadan, bukan hanya puasa, salat dan ibadah laninnya yang mendapatkan pahala. Bekerja juga mendatangkan pahala jika niatnya baik dan selama bekerja tetap melakukan kebaikan dan tidak meninggalkan ibadah yang telat diwajibkan dalam syariat islam.

Godaan saat berpuasa sambil bekerja pun datang silih berganti, itu semua hanya menguji kesabaran dan kekuatan iman kita sebagai muslim. 

Lalu bagaimana caranya agar ibadah puasa dan pekerjaan di kantor tetap lancar selama bulan Ramadan? Ini caranya.

1. Jangan tidur lagi setelah sahur dan setelah salat subuh. Setelah sahur, sebaiknya mulailah aktivitas pagi, jangan tidur lagi. Tidur lagi setelah sahur bukan hanya berisiko menaikkan berat badan tapi juga bisa membuat tubuh lemas. Belum lagi jika harus bangun kesiangan. Jadi manfaatkan waktu setelah salat subuh sebagai cara menyegarkan tubuh. Bisa dilakukan dengan jalan-jalan pagi dan menyiapkan tugas-tugas kantor.

2. Manfaatkan perjalanan ke kantor. Karena kamu sudah bangun pagi, kamu bisa berangkat lebih pagi ke kantor dan menghindari kemacetan jalanan. Manfaatkan perjalanan ke kantor sebagai cara refreshing rutinitas yang padat rebutan transportasi. Jika bisa sampai di kantor lebih awal, kamu bisa bekerja lebih cepat dan selesai lebih cepat pula. Bahkan selama di transportasi, kamu bisa berzikir dengan banyak membaca tasbih atau istigfar.

3. Pulang tepat waktuKarena sudah datang di kantor lebih awal, pekerjaan jadi cepat selesai, kamu pun bisa ulang lebih awal, menghindari macet sekaligus jadi waktu santai mencari makanan untuk buka puasa. Kamu juga bisa pulang ke rumah lebih awal agar bisa memasak dan menyiapkan menu berbuka puasa untuk keluarga.

4. Tidur lebih awalJangan begadang, usahakan langsung tidur setelah tarawih. Cara ini bukan hanya bisa membantu mengganti waktu tidur yang berkurang karena dipergunakan untuk sahur, tapi juga jadi cara tepat mengistirahatkan diri agar bisa bangun lebih segar dan tidak mengantuk saat sahur dan menjalani aktivitas seharian.

Jadi, selama rutinitas berubah selama Ramadan, sesuaikan juga rutinitas harian agar puasa dan pekerjaan di kantor tetap lancar dan tidak membuatmu kelelahan.

Sumber: Vemale

Reporter: Febi Anindyakirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini