Sukses

Bolehkah Wanita Muslim Pakai Makeup Saat Berpuasa?

Makeup yang terdiri dari bedak, lipstik, foundation, maskara dan masih banyak lagi merupakan kebutuhan pokok bagi setiap wanita. Bolehkah wanita muslim pakai makeup saat puasa?

Jakarta - Makeup yang terdiri atas bedak, lipstik, foundation, maskara, dan lainnya merupakan kebutuhan pokok setiap wanita. Namun, bolehkah wanita yang menjalankan ibadah puasa mengaplikasikan makeup saat berpuasa?  

Dikutip dari laman emirates247.com, memakai makeup selama berpuasa diperbolehkan. Diperbolehkannya memakai makeup karena makeup merupakan peralatan atau benda yang ditempatkan untuk menghias diri dan pengaplikasiannya di luar tubuh. Selama memakai makeup tersebut tidak memungkinkan makeup tertelan atau masuk ke dalam tubuh, maka memakai makeup hukumnya boleh atau tidak apa-apa. 

Dr Ali Ahmed Mashael dari Grand Mufti di Islamic Affairs & Charitable Activities Department di Bubai menjelaskan, "Memakai makeup selama berpuasa diperbolehkan. Ini karena makeup bukan suatu hal atau makanan yang akan ditelan atau dimakan. Selama makeup tersebut tidak tertelan, maka memakai makeup diperbolehkan."

Namun, meski memakai makeup hukumnya boleh, Dr Ali menyarankan setiap wanita muslim yang sedang berpuasa tidak mengaplikasikan makeup berlebihan. Alangkah baiknya jika setiap wanita tetap menjaga kesederhanaan diri selama berpuasa. Dr Ali mengungkapkan, sebaiknya di siang hari seseorang tidak memakai makeup karena puasa tidak harus dimanjakan dengan hal-hal seperti makeup atau sejenisnya. 

Kalau pun seseorang diharuskan memakai makeup karena pekerjaan atau karena ingin membahagiakan suami, disarankan agar makeup yang diaplikasikan ke wajah sederhana saja. Pastikan pula bahwa makeup yang dipakai ini tidak akan tertelan dan masuk kerongkongan hingga perut. Kalaupun tidak sengaja tertelan, ini juga tidak apa-apa. Kalau tertelannya makeup karena sengaja, Dr Ali mengungkapkan bahwa hal ini jelas tidak diperbolehkan dan membatalkan puasa. 

Itulah sedikit penjelasan bagaimana memakai makeup bagi wanita muslim saat berpuasa. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita pun semakin bijak dalam mengaplikasikan makeup selama berpuasa atau di bulan Ramadan yang penuh berkah kali ini. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.

Sumber: Vemale 

Reporter: Rohmitriasih

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini