Sukses

Tradisi Unik Saat Ramadan dari Berbagai Negara, Ada Indonesia Juga

Selain makanan khas yang ada hanya saat Ramadan, beberapa tradisi unik khas dari sejumlah negara ini juga hanya dilakukan pada saat momen Ramadan.

Jakarta - Di Mesir saat bulan Ramadan, orang-orang ramai mempersiapkan atau membeli lampion untuk dinyalakan saat malam hari. Bentuk dan gambarnya pun bermacam-macam, seperti yang ada pada gambar di atas. Tradisi ini jelaslah membuat suasana Ramadan di negara yang terletak di kawasan Afrika Utara itu terlihat sangat meriah dan berbeda dari bulan-bulan lainnya dalam satu tahun.

Indonesia memiliki banyak tradisi unik selama Ramadan. Namun, satu yang terunik tentu saja tradisi membangunkan warga sahur. Berbagai alat untuk membangunkan sahur pun digunakan, mulai dari kentongan hingga sound system besar. Biasanya mereka akan berkeliling satu komplek atau RT dan bernyanyi "sahuuuur sahuuurr", sambil memukuli alat yang mereka bawa masing-masing.

Sama dengan Indonesia, Turki juga memiliki "pasukan" khusus untuk membangunkan orang sahur. Para pemuda bergabung dan mendaftarkan diri untuk menjadi tim drummer yang akan berkeliling dan membangunkan warga menggunakan pakaian khas kekaisaran Ottoman.

Di Pakistan biasanya orang-orang akan berbuka bersama memakan samosa, makanan khas dari Timur Tengah.

Ada tradisi unik nih di Mekkah. Meriam akan ditembakkan saat waktu Magrib sudah dekat, yang nantinya akan memberitahu masyarakat jika waktu berbuka puasa akan datang sebentar lagi.

Di Singapura, ada bazar yang dibuka khusus selama bulan Ramadan saja. Selain menjual pernak-pernik, ada juga wisata kuliner yang pastinya bisa menemani waktu berbuka.

Warga muslim di China memiliki tradisi bernama Muqom saat bulan Ramadan. Ini adalah tarian yang diiringi oleh musik sederhana, dan biasanya dilakukan oleh muslim Kashagar di China. 

 Sumber: Kapanlagi

Reporter: Ferry Sanjaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini