Sukses

Tips Konsumsi Suplemen Multivitamin saat Berpuasa

Selama berpuasa, suplemen multivitamin tidak boleh dikonsumsi sembarangan

Liputan6.com, Jakarta Pada saat berpuasa, kebutuhan multivitamin juga harus tetap terpenuhi. Mengonsumsi suplemen memang bisa membantu Anda, tetapi ini bisa jadi lebih sulit ketika masa puasa.

Terutama, karena konsumsi multivitamin harus disesuaikan dengan waktu sahur dan juga berbuka.

Mengutip ahli diet dan kesehatan Jill Corleone dalam tulisannya di Livestrong pada Jumat (24/5/2018), paling tidak ada beberapa hal yang harus dilakukan saat mengonsumsi vitamin di bulan puasa.

1. Multivitamin dan perut kosong

Efek samping mengonsumsi vitamin saat perut kososng adalah mual, diare ringan, dan rasa tidak nyaman pada perut. Untuk itulah, konsumsi suplemen harus dilakukan setelah berbuka atau saat sahur.

Selain itu, sebuah penelitian di Arizona State University menyatakan, multivitamin lebih bermanfaat ketika dikonsumsi bersamaan dengan makanan.

2. Ambil waktu yang berbeda

Ketika tetap merasa perut tidak nyaman setelah mengonsumsi vitamin selama berpuasa, Anda bisa mencoba waktu yang berbeda. Seperti sebelum tidur.

Namun, tetaplah konsultasikan dengan dokter apabila ada rasa tidak nyaman saat tidur.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memperhatikan Makanan

3. Perhatikan makanan

Selain mengonsumsi multivitamin, Anda tetap harus melihat pola makan selama berpuasa.

Perhatikan juga makanan yang dikonsumsi selama bulan puasa. Anda bisa mengonsumsi vitamin saat berbuka. Jus juga bisa dikonsumsi untuk mendukung kebutuhan vitamin.

4. Fokus pada puasa

Untuk mencegah rasa tidak nyaman saat puasa, cobalah mengonsumsi makanan padat agar tidak terkena diare atau penyakit lain yang ditimbulkan karena tubuh tidak kuat berpuasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.