Sukses

Kiat Bebas Stres dan Lelah Saat Kerja di Bulan Ramadan

Selama jam-jam kerja yang sibuk di bulan Ramadan, ada cara membuat tubuh bebas dari stres dan lelah.

Liputan6.com, Jakarta Bulan suci Ramadan baru saja mulai. Selama bulan Ramadan, kita tetap berkerja. Terkadang saat bekerja, ada rasa stres dan jenuh. Para dokter, psikolog, dan ahli kebugaran membagikan beberapa kiat penting soal cara mengatasi stres di tempat kerja agar menjaga suasana hati tetap baik di kantor selama jam-jam puasa.

"Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan siapa pun selama jam-jam puasa adalah berjalan-jalan setiap 30 menit. Ini akan membantu menjaga pikiran tetap segar dan memungkinkan tubuh tidak lemas kehabisan tenaga, terlebih lagi tubuh bisa lelah selama Ramadan, khususnya pada minggu-minggu pertama puasa," kata profesional kesehatan dan kebugaran, Rob Donker dikutip Khaleej Times, Sabtu (26/5/2018).

Duduk berjam-jam, terutama saat puasa dapat menyebabkan stres terhadap pikiran dan tubuh.

"Tubuh tidak dirancang untuk tetap duduk. Tubuh punya lebih dari 600 otot dan 300 sendi. Semua sendi itu untuk bergerak. Sistem pencernaan juga menjadi tidak aktif ketika duduk dalam waktu yang lama," Rob menambahkan.

Posisi duduk juga dapat menyebabkan kurangnya napas. Paru-paru tidak bekerja maksimal, Anda mungkin hanya bernapas sekitar 60-70 persen. Efek yang terjadi, Anda didera stres yang lebih tinggi.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makan buah dan tarik napas

Ada cara agar Anda bebas dari stres. Menurut spesialis penyakit dalam, Shaimaa Mashal, konsumsi makanan sehat dan bergizi saat berbuka dan sahur punya dampak positif.

"Buah-buahan dan sayuran membantu bangun energi. Minum banyak air juga akan membuat Anda merasa lebih tenang di tempat kerja. Suasana hati terkendali," katanya.

Psikolog di Sheikh Khalifa Medical City (SKMC), Naser Al Riyami mengungkapkan, luangkan waktu sejenak dengan diri Anda sendiri dan kendalikan pikiran. Caranya tarik napas dalam-dalam.

"Ambil dua menit untuk bernapas dalam-dalam. Setiap kali Anda merasa stres atau terbebani dengan pekerjaan, tarik napas dalam-dalam akan membantu menenangkan pikiran," Naser menjelaskan.

3 dari 3 halaman

Lakukan peregangan

Guru yoga yang berprofesi di Dubai, Sasha Edwards menyarankan, lakukan peregangan sepanjang hari. Ini memberikan rasa lega bagi pekerja yang sibuk.

Pendekatan lainnya adalah cari posisi duduk yang nyaman, baik di lantai atau kursi. Anda bisa juga tutup mata sambil menarik napas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.