Sukses

Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur, Penting Kamu Harus Tahu

Liputan6.com, Jakarta Seringkali rasa kantuk melanda setelah menyantap hidangan sahur. Tidur setelah sahur nyatanya berbahaya bagi kesehatan. Hal ini seperti yang disampaikan dr. Deffy tim meetdoctor kepada vemale, mengenai bahaya tidur setelah menyantap sahur.

Langsung tidur setelah sahur tidak baik bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan makanan yang baru masuk ke dalam tubuh harus dicerna terlebih dahulu. Jika langsung tidur, sistem pencernaan tidak akan bekerja dengan baik. Karena lambung membutuhkan proses dalam hal mencerna makanan yang baru masuk.

Akibatnya jika seseorang langsung tidur setelah sahur tanpa adanya jeda waktu maka biasanya, saat bangun tidur perut terasa penuh, sakit perut, juga pusing. Selain itu, makanan yang belum dicerna bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan ketika dalam posisi tidur. Sehingga menyebabkan mual.

Jika memang ingin tidur setelah sahur, sebaiknya luangkan waktu dari setelah santap sahur selama 2 jam untuk kembali tidur kembali.  makanan seperti karbohidrat akan dicerna selama dua jam. Maka, setelah itu isi di lambung telah berkurang. Sementara itu, protein butuh waktu tiga jam dan lemak selama empat jam untuk bisa dicerna dalam tubuh. Jadi minimal setelah dua jam baru tidur lagi. Saat itu isi lambung sudah berkurang.

Nah, semoga informasi dari dr. deffy di atas bermanfaat buat kamu. Tentu saja, mengingat bahayanya tidur setelah sahur jadi lebih berpikir ulang untuk tidur bukan. Alih-alih tidur kamu dapat melakukan aktivitas lain seperti membersihkan rumah, tentu saja lebih bermanfaat bukan. Selamat mencoba.

Sumber: Vemale

Repoter: dr. Deffy Leksani Anggar Sari

Artikel Selanjutnya
Tips Konsumsi Suplemen Multivitamin saat Berpuasa
Artikel Selanjutnya
2 Variasi Hijab Syari Elegan untuk Pengajian Bulan Ramadan