Sukses

Jelang Bulan Ramadan 2022, Ini Bacaan Doa Berbuka Puasa Bahasa Arab dan Latin

Bulan Ramadan 2022 akan datang sebentar lagi, salah satu yang perlu diketahui adalah doa untuk berbuka puasa usai seharian penuh berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan akan datang sebentar lagi. Seperti diketahui, Ramadan dikenal sebagai bulan yang penuh berkah, sehingga menjadi waktu yang tepat bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

Pada bulan ini, umat Muslim pun diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa selama sebulan. Dalam berpuasa, umat Muslim harus mengendalikan hawa nafsu, menahan haus dan lapar mulai dari waktu sahur (subuh) hingga waktunya berbuka puasa saat adzan Maghrib dikumandangkan.

Setelah berbuka, umat Muslim pun disunnahkan untuk melaksanakan salat tarawih agar kian mendekatkan diri dan meraih banyak pahala dari Allah SWT. Namun sebelum berbuka, umat Muslim diharuskan membaca basmallah, lalu membaca doa buka puasa.

Tidak hanya itu, di bulan ini, umat Muslim pun berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan dan melakukan amalan-amalah sederhana. Salah satunya dapat dilakukan dengan mengucap zikir atau bersedekah.

Hal ini tampaknya sederhana, tapi ganjaran yang diterima bisa berlipat-lipat ganda dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Karenanya tak heran, di bulan Ramadan, umat Islam disarankan untuk meningkatkan ibadah

Nah berikut ini adalah doa yang diucapkan sebelum dan sesudah berbuka puasa selama bulan Ramadan 2022 :

Berikut doa buka puasa:

"Allahumma laka shumtu wa bika aamantu wa 'ala rizkika afthortu' birohmatika yaa arhamarra himiin."

Artinya:

"Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih."

Adapun doa yang dibaca setelah berbuka puasa, yakni:

"Dzahaba-zh Zama'u, Wabtalati-l 'Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah."

Artinya:

"Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, Insya Allah (jika Allah menghendaki)."

 * Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Rasulullah SAW Menyambut Ramadan

Mendekati bulan Ramadan, dianjurkan bagi umat Islam untuk bersuka cita dalam hati. Tidak lupa untuk membaca doa-doa menyambut bulan suci Ramadan, agar semakin mendapat keberkahan.

Berdasarkan hadist riwayat Imam At-Thabarani dan Imam Ad-Dailami, berikut bacaan doa-doa menyambut bulan suci Ramadan yang diamalkan oleh Rasulullah SAW:

Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī

Artinya:

“Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

Memohon agar mendapat kebaikan di bulan Ramadan pun turut dipanjatkan sebagai doa-doa menyambut bulan suci Ramadan. Bacaan doa ini bisa diamalkan sesuai dengan sunnah Rasul. Untuk menambah pahala dan upaya mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan Ramadan.

Berikut doa-doa menyambut bulan suci Ramadan yang diamalkan oleh Rasulullah SAW berdasarkan riwayat Imam Abu Dawud :

Hilālu rusydin wa khairin (2 kali), āmantu bil ladzī khalaqaka, (3 kali), alhamdulillāhil ladzī dzahaba bi syahri kadzā, wa jā’a bi syahri kadzā.

Artinya:

“Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini.” (HR Abu Dawud).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.