Sukses

Sepekan Puasa, Harga Ayam Kampung di Yogyakarta 100 Ribu per Kilo

Liputan6.com, Serang - Harga ayam dan bawang merah merangkak naik di pasaran di Jakarta dan sejumlah daerah. Sementara di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, pasar sembako murah diserbu warga.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (22/5/2018), di Pasar Jatinegara,  ayam negeri yang semula dihargai Rp 28 ribu, kini mencapai Rp 35 ribu per kilogaram.

Harga ayam kampung pun naik dari Rp 80 ribu mencapai Rp 100 ribu per kilo. Begitu pun harga bawang merah yang ikut naik semenjak bulan puasa. Akibat kenaikan ini jumlah pembeli menurun, keuntungan pedagang pun menipis.

Kenaikan ayam potong juga terjadi di pasar tradisional di Kota Serang, Banten. Dari harga Rp 35 ribu, naik menjadi Rp 40 ribu. Menurut pedagang, kenaikan ini dipicu oleh kurangnya pengiriman dari agen dan tingginya permintaan. 

Sementara di Yogyakarta, ratusan warga kurang mampu menyerbu pasar murah sembako di Kantor Perum Bulog. Warga rela antre lebih dari satu jam untuk mendapatkan paket sembako murah.

Di sini, paket sembako dijual dengan harga Rp 100 ribu, yang berisi beras premium, minyak goreng, gula pasir, dan tepung terigu

Sebagai upaya menstabilkan harga, Perum Bulog Daerah Istimewa Yogyakarta juga menggelontorkan stok pangan pokok berupa beras ke pasaran.