Sukses

Wajib Diperhatikan, 7 Hal Sepele Ini Bisa Mengurangi Pahala Puasa

Beberapa kebiasaan sepele berikut ini ternyata bisa mengurangi pahala hingga membatalkan puasa, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Di bulan penuh berkah ini, umat muslim dianjurkan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Sebab, di bulan Ramadan, segala amal yang dilakukan akan mendapat pahala yang berlipat. Tentunya, kamu tidak akan menyia-nyiakan bulan puasa yang hanya datang satu tahun sekali ini untuk beribadah menabung pahala untuk di akhirat kelak.

Seperti yang kita tahu, ada beberapa hal yang bisa membatalkan puasamu, seperti makan dan minum secara sengaja. Namun rupanya, ada juga hal-hal sepele yang bisa mengurangi pahala puasamu loh, apa saja? 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Membicarakan Orang Lain

Ada ungkapan yang mengatakan "namanya juga cewek pasti senang sama yang namanya gosip". Namun, rupanya hal ini benar-benar dilarang saat puasa. Kamu bisa kehilangan pahala puasamu karena senang membicarakan orang lain. Daripada ngegosip, lebih baik sibukkan dirimu dengan ibadah-ibadah lain agar puasamu lebih banyak menghasilkan pahala.

2. Berkata Bohong

Bulan Ramadan adalah bulan yang suci dan kita diharuskan untuk menjaga diri dari perbuatan yang dilarang. Berkata bohong tentunya tidak baik dan bisa mengurangi pahala puasa. Meskipun yang kamu katakan hanya kebohongan kecil, tetap saja kamu sudah berdusta. Hati-hati, jangan sampai amalan kita berkurang karena mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan. 

3 dari 5 halaman

3. Bertengkar dengan Orang Lain

Jika ada seseorang yang membuatmu kesal, maka lapangkan hatimu dan maafkan saja. Memaafkan orang lain itu sangat mulia daripada bertengkar yang akhirnya menghabiskan energimu. Selain membuang-buang tenaga, amarah pada orang lain juga bisa mengurangi pahala puasa. Jika kamu bersabar, maka kamu akan menuai banyak pahala di akhirnya nanti. 

4. Berbicara Kotor dan Kasar

Sebagai umat muslim, kita diajarkan untuk berkata lembut dan tidak mengucapkan kata-kata kasar meski sedang marah sekalipun. Meski tidak membatalkan puasa, berbicara kasar atau kotor bisa mengurangi pahala puasamu. Tentunya kamu tidak mau jika seharian menahan lapar dan haus tapi ternyata pahala puasamu tidak sempurna lantaran tidak bisa menjaga lisan.

4 dari 5 halaman

5. Iri Melihat Kebahagiaan Orang Lain

Menjaga hati dari segala macam penyakit memang sudah dianjurkan kepada setiap umat muslim. Penyakit hati seperti iri dan dengki itu sangat berbahaya. Jika kamu melihat orang lain bahagia, maka ikutlah bahagia seperti dirinya. Jangan ada rasa iri apalagi tidak suka dengan kebahagiaan mereka. Kamu bisa menemukan banyak hal untuk disyukuri daripada sekadar iri terhadap orang lain.

6. Berduaan dengan yang Bukan Muhrim

Untuk kamu yang punya pacar, tentunya hal ini menjadi perhatian yang harus kamu hindari. Berduaan dengan lawan jenis yang bukan muhrim itu bisa mengurangi pahala puasa. Kalau biasanya kamu suka pergi berdua atau manja-manjaan sama pacar, maka di bulan puasa ini kamu harus mulai menghindarinya. Jika kamu ingin bertemu dengan pacar, alangkah baiknya ajak juga teman-temanmu yang lain agar kamu tidak cuma berdua dengannya.

5 dari 5 halaman

7. Melihat Lawan Jenis dengan Hawa Nafsu

Mungkin menahan lapar dan haus terlihat berat, tapi ternyata yang lebih sulit ternyata menjaga hawa nafsu. Melihat lawan jenis dengan hawa nafsu tentunya tidak diperbolehkan saat kamu berpuasa karena bisa membuat pahala puasamu berkurang. Bahkan, bisa membuat puasamu batal, berhati-hatilah dan perbanyak istighfar.

 

Penulis:

Ghina Kamilia Nadhifa

Universitas Budi Luhur

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.