Sukses

3 Aplikasi Pengganti Tasbih untuk Zikir Ramadan

Ingin terus berzikir di manapun dan kapanpun saat Ramadan, yuk unduh tiga aplikasi di bawah ini agar memudahkan zikir kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan menjadi bulan yang spesial bagi umat muslim, sebab selama bulan ini, pahala untuk amal kebaikan dan ibadah dilipatgandakan.

Makanya, tidak heran jika umat muslim di Indonesia dan dunia senantiasa lebih rajin beribadah saat Ramadan.

Selain puasa, salat, dan membaca kitab suci Alquran, umat muslim disarankan untuk memperbanyak zikir atau memuji nama Tuhan.

Jika biasanya zikir dibantu dengan gelang manik bernama tasbih, di masa kini orang lebih senang membawa smartphone dalam genggamannya.

Untuk mengganti tasbih, berikut tiga aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu berzikir di manapun saat Ramadan.

1. Tasbih

Sesuai namanya, aplikasi tasbih memiliki tampilan penghitung tasbih yang sederhana. Pengguna juga bisa mengaktifkan audio bacaan tasbih saat berzikir.

Selain itu, aplikasi ini punya penghitung zikir (tasbih counter) dan dilengkapi fitur doa harian dan kalender tanggal-tanggal penting Islam.

Aplikasi Tasbih juga dilengkapi dengan penunjuk arah ke masjid terdekat.

Aplikasi Tasbih (Sumber: Google Play)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Digital Tasbeeh Counter

Aplikasi Digital Tasbeeh Counter memiliki tampilan penghitung zikir mirip dengan alat penghitung zikir yang biasa digenggam orang saat berzikir.

Uniknya, meskipun pengguna menutup aplikasi Digital Tasbeeh Counter, hitungan zikir tidak akan terhapus. Dengan demikian, saat pengguna me-restart aplikasi, hitungan zikir tetap muncul di layar.

Tiap menggetuk layar untuk penghitungan zikir, pengguna juga bisa merasakan getar sehingga akan lebih terasa layaknya memegang tasbih. 

3 dari 3 halaman

3. Simple Tasbih

Sesuai namanya, aplikasi Simple Tasbih hadir dengan antarmuka yang sangat sederhana sehingga menghasilkan pengalaman yang lebih user friendly.

Pada antarmuka aplikasi ini terdapat tombol (+) yang tempatnya di tengah sehingga memudahkan pengguna menggapainya meski mata tidak tertuju ke layar smartphone.

Saat memencet tombol (+), hitungan zikir akan berjalan menghitung. Hebatnya, aplikasi gratis ini tidak disusupi iklan sehingga pengguna tak perlu takut zikirnya terganggu.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.