Sukses

Pesan Menyentuh Menteri Basuki Sambut Bulan Ramadan

Ini pesan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada PNS Kementerian PUPR dalam menyambut Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menetapkan awal puasa 1 Ramadan 1439 H atau Ramadan 2018 jatuh pada hari ini (17/5/2018). Menyambut bulan suci ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengajak seluruh pegawai Kementerian PUPR membuat perencanaan yang baik dalam bulan Ramadan, sehingga pekerjaan dan ibadah yang dilakukan tahun ini bisa optimal. Untuk menyusunnya disertai ilmu agama, sehingga setiap langkah selama Ramadan bernilai ibadah.

“Seperti halnya dalam melakukan pekerjaan, kita harus melakukan perencanaan. Begitu juga ketika akan menghadapi Ramadan, agar kita tahu target ibadah yang akan dilakukan. Dengan ilmu kita bisa merencanakan kegiatan dalam 10 hari pertama, kedua dan ketiga di bulan Ramadan. Semoga dalam melaksanakan tugas ke PUPR-an mendapatkan berkah dari Allah SWT,” pesan Basuki saat acara Munggahan yang dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (17/5/2018). 

Menteri Basuki Hadimuljono mengatakan, untuk lebih menambah kekhusyukan dan diterimanya ibadah selama Ramadan, seorang muslim harus saling membuka pintu silaturahmi dan memaafkan terhadap kesalahan saudaranya.

“Doa kita saat bulan Ramadan akan dikabulkan, itu garansi dari Allah. Namun ada doa yang tidak dikabulkan oleh Allah SWT yakni doa orang yang durhaka kepada kedua orang tua, istri yang tidak taat kepada suami, dan muslim yang saling bermusuhan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid yang hadir dalam acara munggahan yang diselenggarakan Kementerian PUPR mengatakan, beberapa keutamaan bulan Ramadan. Dalam memasuki Ramadan penting untuk meluruskan niat dan diikuti dengan silaturahim, saling memaafkan, dan bersedekah.

“Ketiga hal tersebut diwujudkan dalam tradisi yang dikenal dengan nama munggahan untuk menyambut bulan puasa. Intinya berkumpul di suatu tempat diimbangi dengan sedekah dan minta maaf,” kata Nusron. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ayo Serbu, PT KAI Jual Tiket Kereta Eksekutif Murah

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta menjual tiket kereta promo bagi para pengguna kereta api. Penawaran menarik ini dalam rangka menyambut bulan Ramadan. 

Promo ini diberi nama "Berkah Ramadan" untuk kereta-kereta kelas eksekutif yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Adapun pemesanan tiket dapat dilakukan mulai 19 Mei 2018.

Adapun waktu keberangkatan kereta api yang menjual tiket kereta murah, yaitu dengan keberangkatan tanggal 21-30 Mei 2018.

“Selain memberi harga yang lebih murah kepada calon penumpang di tanggal-tanggal tertentu, promo ini juga dilakukan guna meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan kereta api sebagai moda transportasi andalan di masa kini,” kata Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Edy Kuswoyo di Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Ada beberapa hal yang harus diketahui calon penumpang untuk tiket promo ini, antara lain tarif promo berlaku parsial sesuai pengaturan masing-masing kereta api, pemesanan tiket dapat dilayani di loket reservasi, dan semua channel penjualan, tiket dengan tarif promo dapat direduksi, dan tiket dengan tarif promo dapat dibatalkan dan dapat diubah jadwalnya.

"PT KAI mengimbau, agar calon penumpang selalu memperhatikan nama dan nomor identitas harus sesuai dengan yang tertera dalam boarding pass," kata Edy. 

3 dari 3 halaman

Rincian Tarif Promo Tiket Kereta Api

1. KA Argo Dwipangga rute Gambir-Solo tarif promo Rp 200 ribu

2. KA Argo Lawu rute Gambir-Solo tarif promo Rp 200 ribu

3. KA Argo Bromo rute Gambir-Surabaya Pasar Turi tarif promo Rp 290 ribu

4. KA Sembrani rute Gambir-Surabaya Pasar Turi tarif promo Rp 290 ribu

5. KA Taksaka rute Gambir-Yogyakarta tarif promo Rp 200 ribu

6. KA Argo Muria rute Gambir-Semarang Tawang tarif promo Rp 200 ribu

7. KA Argo Sindoro rute Gambir-Semarang Tawang tarif promo Rp 200 ribu

8. KA Purwojaya rute Gambir-Cilacap tarif promo Rp 200 ribu

9. KA Argo Jati rute Gambir-Cirebon tarif promo Rp 100 ribu

10. KA Tegal Bahari rute Gambir-Tegal tarif promo Rp 100 ribu

11. KA Cirebon Ekspress rute Gambir-Cirebon tarif promo Rp 100 ribu

12. KA Gumarang rute Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi tarif promo Rp 290 ribu

13. KA Sawunggalih rute Pasar Senen-Kutuarjo tarif promo Rp 200 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.