Sukses

Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi untuk Mengurangi Lapar dan Haus Saat Puasa

Sejumlah makanan ini perlu kamu konsumsi saat berbuka dan sahur untuk mencegah rasa lapar dan haus berlebihan saat puasa.

Liputan6.com, Jakarta Selama Ramadan, kita akan berpuasa selama seharian penuh sampai menjelang azan Magrib tiba. Perut kosong dan rasa lapar pasti akan muncul saat menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan pola makan akan penting dilakukan di bulan suci.

Menyiapkan strategi dan nutrisi saat menjelang berbuka dan sahur perlu dilakukan. Hal tersebut bertujuan agar asupan nutrisi dan makanan dapat memberikan energi dan hidrasi penuh selama seharian berpuasa dan beraktivitas.

Oleh karena itu, kita perlu menentukan makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi saat berpuasa. Ini dia tips mengatur makan saat puasa, seperti dilansir dari Khaleej Times.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Saat Sahur

  • Konsumsi makanan yang kaya akan protein dan kaya akan nutrisi, seperti telur. Meski makanan ini sederhana, tapi punya banyak gizi dan protein yang memberikan dorongan energi saat berpuasa.
  • Makanan berserat juga penting seperti oat meal. Serat yang lama dicerna dapat mengendalikan rasa lapar. Sehingga kita tetap bisa bergerak secara aktif saat puasa tanpa takut merasa lelah.
  • Hidangan yang kaya akan kalsium dan vitamin, juga perlu dikonsumsi saat sahur. Rekomendasi makanan yang tepat meliputi yogurt dan madu, dapat membuat kita tetap kenyang serta memberikan hidrasi pada tubuh, sehingga kita tak mudah dehidrasi.
  • Sejumlah makanan yang perlu dihindari saat sahur meliputi makanan olahan dan pemanis buatan. Akan lebih baik juga jika menghindari makanan asin dan minuman berkafein. Kedua hal tersebut mampu membuat kita menjadi mudah dehidrasi sehingga menjadi lebih cepat haus.

 

3 dari 3 halaman

2. Saat berbuka

  • Saat mengonsumsi karbohidrat, selingkan dengan berbagai sayuran dengan kandungan air yang tinggi. Mentimun, selada, dan berbagai sayuran dan buah-buahan lainnya mampu menenangkan tubuh setelah berpuasa dan beraktivitas. Ditambah lagi sayuran dapat mencegah tubuh mudah dehidrasi dan membuat kulit tetap segar.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung potasium seperti kurma. Tak hanya langsung memberikan hidrasi pada tubuh. Kandungan dalam kurma juga memulihkan energimu setelah seharian berpuasa.
  • Tambahan setelah berpuasa dan tarawih perbanyak makan kacang-kacangan seperti almond yang memiliki esensi untuk mengenyangkan perut. Kacang-kacangan mampu mengontrol nafsu makanmu agar tetap kenyang dan tak makan berlebihan.
  • Disertai dengan air putih dan jus buah, mengonsumsi air setelah berpuasa merupakan hal yang penting sebagai persiapan untuk puasa esok hari.
  • Makanan yang perlu dihindari saat buka puasa meliputi makanan dengan kadar gula yang tinggi apalagi bersoda. Serta gorengan, yang biasanya menjadi makanan yang paling sering dikonsumsi saat berbuka. Selain menambah lemak, asupan gorengan perlu juga dikurangi karena menuai asupan zat gizi dan nutrisi yang sehat dalam tubuh saat puasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini