Sukses

Mudik Pakai Sepeda Motor, Kenali Jalurnya dengan Baik

Mudik menggunakan sepeda motor memang menawarkan sensasi dan kepuasan tersendiri. Namun persiapannya harus matang, terutama mengenali rute mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Mudik menggunakan sepeda motor memang menawarkan sensasi dan kepuasan tersendiri. Namun persiapannya harus matang, terutama mengenali rute mudik.

Pertama, pilih rute mudik yang nyaman serta efisien. Setidaknya Anda paham dengan tempat-tempat vital seperti SPBU, rest area, pos keamanan dan kesehatan, serta tempat makan.

Anda juga harus paham karakter jalan yang akan dilalui. Apakah rute yang akan dilewati juga dilewati kendaraan besar atau tidak. Sehingga bisa mengantisipasi sebelumnya untuk terhindar dari hal yang tak diinginkan.

Saat melintasi jalan yang bergelombang ataupun perlintasan kereta api, pelankan laju kendaraan. Agar nyaman, saat melintasi jalan seperti ini angkat sedikit pinggul dari jok namun tak sampai berdiri di atas motor.

Saat perjalanan mudik, jangan membuat manuver mendadak yang akan membuat pengendara lain kaget. Saat menikung, usahakan gas stabil, tidak mengerem saat berada di tikungan. Posisikan badan senyaman mungkin saat menghadapi tikungan yang bergelombang dan jangan panik.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Waspadai juga terhadap kepadatan yang diakibatkan oleh pasar tumpah yang biasanya bermunculan saat mendekati hari raya.

Jika merasa lelah, jangan memaksakan diri. Istirahatlah di tempat yang aman dan mudah dipantau. Ingat, jangan memaksakan berkendara lebih dari 2 jam.

Bahkan, saat sudah dekat dengan tempat tujuan tetaplah berkendara dengan aman. Jangan terlampau senang dan gembira , sebab banyak kasus kecelakaan justru saat pemudik hampir tiba di tempat tujuan, karena kurangnya konsentrasi.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.